Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 12 Januari 2018

Biji Ketapang



Baru pertama buat biji ketapang dan makan biji ketapang. Penasaran dengan rasanya pas baca2 buku resep keletikan pilihan ncc. Menurutku sih rasanya mirip sama kue untir2 atau kue tambang. 

Pertama kali matang biji ketapang empuk, pas dibesokin jadi keras bener2 kayak biji. hehe. tapi masih bisa dimakan kok, dont worry.

Kalo baca referensi biji ketapang ini sering dibuat untuk kue lebaran. Tapi saya blom pernah liat. Ntahlah mungkin jika didaerah tertentu kali ya.

Untuk buku keluaran terbaru NCC "Resep Kelethikan Pilihan NCC", aku sangat tertarik untuk membelinya, padahal lagi bokek ini... tapi yang namanya cewek tetep aja gatel pengen beli. Apa lagi dalam beberapa waktu ini doyan banget bikin cemilan. Bukunya bagus, isinya meng inovasi, fotonya cakep. Ada 74 resep keltehikan, walau ada beberapa resep kue keringnya juga.  

Resep kelethikan dalam buku ini ada macam2 olahan kacang, macam2 cheessestick, macam2 pangsit, olahan dari tepung beras, tepung ketan yang bisa diolah kelethikan, dll. Aku pernah cek ricek di webnya NCC kebanyakan blom terpampang untuk resep2 ini, ada juga yang udah ada tapi dikit banget.





BIJI KETAPANG
resep by: ncc

Bahan:
300 gr tepung terigu
90 gr tepung sagu
60 gr tepung maizena
120 gr gula pasir
1/2 sdt vanili
150 gr kelapa parut sangrai hingga kering
1 butir telur
60 gr margarin
150 ml santan kental
1/2 sdt garam
1 kg minyak untuk menggoreng

Cara buat:
Panaskan santan, aduk hingga mendidih, kemudian masukkan mentega aduk terus hingga mentega cair. Sisihkan biarkan uapnya hilang.

Dalam wadah campur tepung terigu, tepung maizena, tepung sagu, gula, kelapa sangrai, garam, vanili hingga rata.

Buat lubang ditengah campuran tepung, masukkan telur, aduk dengan centong kayu. Masukkan santan dan mentega panas. Aduk hingga menjadi adonan kalis.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Gilas adonan hingga agak pipih sekitar ketebalsn 1 cm. Kemudian potong memanjang. Dengan lebar 1 cm. Gunting adonan dengan posisi serong selebar 1 cm. Taburi dengan tepung agar tidak lengket. (kalo saya lebih suka gunting2nya pas diatas wajan, langsung goreng)

Panaskan minyak goreng adonan hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan, dinginkan, simpan dalam toples rapat2.


Untuk 700 gr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar