Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 05 Agustus 2016

Cilok



Saya suka banget cilok.... terutama waktu aku lagi hamil aqila.... doyannya bikin dan makan cilok.... karena waktu hamil dia cuma bisa makan mie ayam, bakso, cilok, lontong... makanan gitu dech... sebenernya gak sehat tapi ya gitu dech namanya juga lagi hamil. Makanya karena waktu hamil doyan mkn cilok kalo gak bakso anaknya jadi gundul. Hehe...

Saya sukanya makan cilok sambil dicocol dengan bumbu kacang.... bisa juga sih disantap dengan saos tergantung kesukaan aja. Dulu waktu tinggal di balikpapan cilok ini namanya salome dan disantap dengan saos sambal.

Sebenernta cilok ini makanan asal bandung..... kota kelahiranku.... dengan ciri khas berbentuk bulat dan kenyal2 empuk. Cilok juga bisa dibikin pake isi ada yg isi telor, kulit ayam dll. Cilok juga bisa dibakar atau digoreng lho.




Cilok

Bahan:
100 gr tepung kanji
100 gr terigu
125 ml air panas mendidih..... kalo masih keras bisa tambah lagi
1/4 sdt merica
1/2 sdt kaldu bubuk
Garam secukupnya
2 siung bawang putih haluskan
1 batang daun bawang iris halus
Air untuk merebus.

Cara buat:
Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu dan kanji. Dan irisan daun bawang. Tuang dengan air panas sedikit2 yg telah dicamour garam, kaldu, merica, bawang putih. Sambil diaduk hingga adonan tidak lengket ditangan.

Bentuk bulat2 kecil rebus dalam air yg sudah nendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Cilok ini bisa dikukus lagi agar tetap hangat kalo gak taro aja di magiccom. Jija belum langsung ingin  dimakan.

Sajikan dengan bumbu kacang.

Bumbu kacang aku buat sisa bikin sate bakso.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar