Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 22 Desember 2018

Sate Asam Proteina





Sudah lama ya saya gak posting resep dengan bahan dari proteina. Jika ada yang belum tau apa itu proteina, proteina adalah  protein nabati dari kedelai murni yang telah dipisahkan minyaknya, tanpa tambahan bahan-bahan lain. Proteina bergizi setara dengan daging, bebas kolestrol dan rendah lemak. Proteina pengganti protein hewani yang sehat dan hemat untuk Anda sekeluarga dan mereka yang sedang menjalankan program diet.

Gimana banyak kan manfaat proteina. Gak perlu khawatir proteina sehat kok, makan banyak gak bikin gemuk kalo dagingnya diganti proteina. Proteina teksturnya mirip daging ayam. Walau begitu perusahaan yg memproduksi proteina selalu mengembangkan produknya, sedang diuji proteina yg tekstur dan bentuknya mirip daging sapi. Ntar suatu hari aku coba ya.. saya di beri samplenya.

Kembali keresep, aku buat sate asam.. tentu ya ada salah satu bumbunya pake asam. Untuk rasa bener enak ada rasa asam, pedas, manis dan gurih, gurih nya dari kelapa kering yg disangrai terlebih dulu.



Sate Asam Proteina

Bahan:
100 g proteina ukuran L rendam dan cuci peras 3 kali. Lalu potong 2 hingga 3 bagian
100 gr kelapa setengah tua, parut kasar, sangrai
2 sdm Kecap Manis
minyak goreng secukupnya
10 buah tusuk sate, rendam air



Bumbu, haluskan:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah
1 sdm ketumbar butiran, sangrai
1 sdm asam jawa
1 sdt garam
Sedikit gula merah
½ sdt merica putih bubuk

Sedikit air


Cara Memasak

Panaskan wajan beri minyak goreng untuk menumis. Masukkan bumbu halus tumis hingga harum. Masukkan sedikit air Masukkan proteina. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap, beri kecap manis

Masukkan kelapa sangrai aduk2 hingga rata. Matikan api. Sisihkan biarkan dingin.

Siapkan tusuk sate. Tusukkan proteina ke dalam tusuk sate, sebanyak 5 potongan proteina. Lakukan hingga proteina habis.

Panggang di atas bara api hingga matang. Dan bumbu garing.

Sajikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar