Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Senin, 04 Mei 2015

Lawar Kacang Panjang khas Bali


Menbuat makanan khas Bali lagi, padahal saya bukan orang Bali. Tapi kok malah suka bikin makanan khas Bali. Bisa dibilang aku ini belum pernah yang namanya menginjak pulau Bali, apa lagi mencicipi makanan disana.

Yang aku buat ini Lawar ala aku. Abisnya gak ngerti asli lawar ini dibuat seperti apa. hanya dengar2 dan browsing2 ada lawar yg dimasak dengan menggunakan darah hewan, Namun yang saya buat ini sama sekali tidak menggunakan darah.



 Bahan :
250 gr Kacang panjang
100 gr Nangka muda, di rebus sampai empuk
1/2 butir kelapa parut lalu sangrai sampai coklat
minyak goreng
1 sdm jeruk nipis

Bumbu halus :
5 buah bawang merah
3 butir bawang putih
2 buah cabai keriting
3 buah cabai rawit
3 cm kencur
10 butir merica
1/2 sdt ketumbar
2 buah kemiri
1 sdt terasi
2 sdt gula merah iris
1 sdt garam.
2 lembar daun salam

Cara Buat:

  1. Panaskan wajan diatas api sedang tuang minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. 2. campur bumbu tumis dengan kelapa sangrai, aduk hingga rata, masukkan nangka muda, aduk hingga rata.
  3. masukkan kacang panjang yang telah dicuci dan diiris halus, aduk2 hingga rata. Cicipi kurang apa.
  4. masukkan jeruk nipis, aduk hingga rata
  5. Matikan api
NB: ketika memasukkan kacang panjangnya, dimasak jangan terlalu lama, sebentar saja, agar ada rasa crunchy nya.

untuk 4 orang


Selamat mencoba ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar