Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 14 April 2019

Shiny Fudgy Brownies



 Shiny Fudgy Brownies


Bahan:

- 100 gram tepung terigu serba guna

- 1 sendok makan tepung maizena

- 1/2 sendok teh baking powder

- 225 gram coklat compound (DCC), potong dadu

- 60 gram mentega

- 60 gr minyak goreng

- 2 butir telur besar

- 150 gram gula pasir diblender

- 1 sendok teh vanilla extract


Cara membuat:

Siapkan oven, panaskan disuhu 175'C, letakkan rak pemanggang ditengah oven. Siapkan loyang loaf , alasi permukannya dengan kertas baking. Sisakan kertas menjulur keluar loyang untuk memudahkan mengeluarkan kue ketika telah matang. Sisihkan.


Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, ayak jadi satu. Sisihkan.


Siapkan mangkuk tahan panas. Masukkan coklat compound, minyak dan mentega, letakkan di atas panci berisi air. Jaga jangan sampai air menyentuh dasar mangkuk berisi coklat. Masak dengan api sedang sambil diaduk sesekali hingga coklat meleleh. Jika sekitar 70 persen coklat telah meleleh angkat dari kompor. Aduk-aduk coklat diluar kompor hingga semua bagian coklat mencair. Cara ini menghindari coklat dipanaskan terlalu lama yang akan menyebabkan coklat terpisah antara bahan padat dan minyaknya.

Siapkan mangkuk agak besar untuk mengocok dan mencampur adonan. Masukkan telur, gula dan vanilla extract. Kocok dengan mikser speed rendah hingga tercampur baik, naikkan kecepatan menjadi sedang dan kocok hingga adonan mengembang, kental dan berjejak (ribbon stage). Ketika alat pengocok diangkat maka adonan yang jatuh akan membentuk jejak selama beberapa detik di permukaan adonan, tidak langsung menghilang.

Masukkan coklat leleh, kocok dengan mikser speed paling rendah hingga tercampur baik. Masukkan tepung dalam 2 tahapan. Kocok dengan mikser speed paling rendah atau aduk dengan spatula hingga tercampur (jangan over mixing).

Tuangkan ke loyang, ratakan permukaannya. Panggang di oven suhu 175'C selama 35 - 40 menit, atau cek dengan lidi. Sebaiknya masih ada remah lembab yang menempel di lidi bukan lidi keluar dalam kondisi bersih. Jangan over baked karena brownies akan menjadi kering teksturnya (tidak moist).

Keluarkan dari oven, biarkan kue hingga benar-benar dingin. Angkat kertas baking yang menjulur diluar loyang, kemudian letakkan kue di meja. Jangan balikkan kue karena permukaan brownies yang shiny harus diatas.

Potong dan sajikan.



Kangen banget bikin brownies, dah lama ya saya gak buat makanan yg paling favorit buat aku, karena kesibukan ku yg luar biasa.

Resep ini kudapet dari blog JTT nya mbak Endang, namun untuk resep aku modif, karena stok coklat bubuk gak ada, margarine stok tinggal dikit jadi kuganti dengan minyak goreng. Untuk coklat chip dan coklat blog potongan aku skip juga. Pastinya kalo pake tambah enak berasa coklat banget. Browniesnya anti gagal, shyninya cantik dan pasti keluar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar