Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 01 Mei 2016

Wedang Uwuh



Wedang uwuh minuman asal Yogyakarta. Uwuh itu artinya sampah. Jadi wedang uwuh itu artinya minuman sampah. Kenapa dibilang sampah karena minuman ini banyak sekali meninggalkan ampas rempah2 bahannya seperti sampah.

Pembuatan wedang uwuh sangat simple dan sangat cocok diminum untuk menemani dinginnya malam hari. Wedang uwuh juga berkhasiat lho untuk menghilangkan rasa lesu dan dapat menyegarkan badan. Menurut orang2 minuman ini dipercaya untuk membantu orang untuk berhenti merokok.


Kayu Secang


Wedang Uwuh 

Bahan -bahan

60 gram gula pasir putih

8 cm jahe, bakar dan memarkan

30 gram secang kering siap masak

10 butir cengkeh, untuk penghangat

4 daun cengkeh (skip)

3 daun pala (skip)

2 kayu manis

600 ml air bersih

Cara Membuat Wedang Uwuh

Siapkan panci untuk merebus air sampai panas

Bila air sudah panas, mulai masukan jahe yang sudah dibakar terlebih dulu dan di memarkan, kemudian gula pasir, aduk hingga gula melebur dengan air

Tambahkan kayu manis, secang dan bahan-bahan lainnya yang masih tersisa kedalam rebusan, dan tunggu sampai air mendidih

Aduk terus rebusan bahan-bahan sampai air berubah menjadi kemerah-merahan

Bila sudah selesai angkat dan sajikan.



Saya lumayan agak lama tinggal di Yogyakarta tapi baru tau jika ada minuman namanya Wedang Uwuh.... pernah minum sih... tapi gak tau namanya.... Jika ada rapat RT apa RW suka ada tetangga yang menyajikan minuman ini, tapi sudah disaring cara penyajiannya. Pas saya makan di Bakmi Yogya di Jl. Ampera Jakarta ada minuman Wedang Uwuh cara penyajiannya sampah2 rempah disajikan didalam gelasnya. langsung pas saya coba rasanya seperti yang pernah ku minum saat tinggal di Yogyakarta... dan ternyata saya baru ngeh yang sering ku minum dulu ya ini... yang namanya Wedang Uwuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar