Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 16 Maret 2019

Bolu fla keju moka


Bolu ini bolu lapis dengan rasa keju dan moka. Teksturnya lembut. Disliram diatasnya dengan fla vanila dan ditaburi keju parut. Bikinnya gampang. Coba aja.



 Bolu fla keju moka

BAHAN :
100 gram gula pasir
2 butir telur
60 gram tepung terigu
1/2 sdt baking powder
2 sdm keju cheddar, diparut
70 gram mentega, lelehkan
1 sachet susu kental manis (SKM)
2 tetes pasta moka
2 tetes pewarna kuning

BAHAN TOPPING :
Keju parut untuk topping atau taburan secukupnya sesuai selera

BAHAN VLA :
250 ml susu cair full cream
1 1/2 sdt maizena
3 sdm gula pasir
1 sdt vanilla essence

CARA MEMBUAT

Mikser Telur+gula pasir hingga mengembang dan kental +/- 10 menit speed sedang. Tambahkan terigu+baking powder yang telah diayak, aduk rata dengan spatula. tambahkan mentega cair, susu kental manis dan aduk kembali dengan rata. Terakhir mikser sebentar saja untuk lebih meratakan adonan. 

Bagi adonan menjadi 2 bagian. 1 bagian beri keju parut dan pewarna kuning. Aduk rata. 1 bagian lagi beri pasta moka aduk rata.

Tuang adonan keju ke loyang loaf uk 20×10×4 yang sudah dioles margarin+tabur terigu.Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan dan beruap, lapisi tutupnya dengan serbet/lap kering dan bersih, supaya tetesan air dari uap tidak menetes ke adonan. Selama 10 menit. Tumpa bolu tersebur dengan adonan moka. Kukus lagi hingga matang +/- 20 menit.

Cara membuat Vla/Fla : Masak susu cair+maizena yang sudah dilarutkan dengan 6 sdm air, gula pasir, vanila essence, aduk rata masak hingga mendidih dan mengental. Matikan api, tunggu hangat siram rata ke atas bolu yang sudah dingin, tabur keju parut di atasnya.Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar