Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 08 Desember 2017

Susu Kedelai


Selain makanan ada juga dong minunan yg vegetarian yaitu susu kedelai. Susu yang bukan dari hewani tapi terbuat dari kacang kedelai yang dihaluskan, diambil sarinya dan dijadikan susu.

Saya suka banget susu kedelai, bukan aku aja sih... tapi kami sekeluarga. Bahkan waktu saya lagi hamil, minum susu kedelai terus, mitosya sih biar bayinya bersih. Pas lahir bayinya mang bersih, tapi pas gede item.. hehe mang keturunannya juga kulitnya pada gelap. Masa anaknya mo putih... ntr malah dicurigain anak siapa lagi 😂

Aqila kalo minum susu kedelai bisa abis sebotol 500 ml sendiri lho...

Bikin susu kedelai...gampang banget, yang penting ada bahan, ada blender, ada saringan, ada kompor. Hehe... dah jadi dech... sehat lagi.

Bikin susu kedelai yang enak, yang kentel perbandingannya 1:3. 1 gelas kacang kedelai dan 3 gelas air. dijamin enak, kendel, kedelainya berasa.

Aku gak suka yang terlalu manis untuk susu kacang kedelai, sebenernya susu sapi juga gak suka yang manis, jadi mang sengaja ngasih gulanya dikit, jadi rasa kedelainya juga gak ketutup sama rasa manisnya.

Saya pernah liat ada yg jual mesin untuk buat susu kacang kedele dari plastik, harganya agak murah... sempet tertarik buat beli tapi sudahlah pake blender juga bisa kok.




SUSU KEDELAI
bahan:

1 gelas kacang kedelai
3 gelas air matang
3 sdt gula pasir


Cara buat:

Rendam kacang kedelai dengan air bersih hingga menutupi kacang kedelai. Diamkan semalaman. Cuci, sambil digesek2 (bahasa indonesianya apa ya?). Saring.

Siapkan blender masukkan kacang kedelai kedalam bkender, masukkan 3 gelas air masak, blender hingga halus.

Saring  sari kedelai dengan kain, peras hingga sarinya habis. Lalu saring lagi dengan saringan teh.

Masak sari kacang kedelai dengan api kecil, masukkan gula pasir. Masak hinga mendidih, airnya meluap keatas. Sambil diaduk2 ya... kalo gak diaduk, ngerak bawahnya. Pegel dikit gak apa2 yg penting sehat. 😀

Jika ingin yg manis banget tambah gula lagi, kalo lidah saya dah cukup 3 sdt, gak suka yg terlalu manis. Jika ada daun pandan bisa juga dimasak dengan daun pandan, atau masak dengan jahe yg sudah digeprek. Sesuai selera aja.

untuk 500 ml susu kacang kedelai



Tidak ada komentar:

Posting Komentar