Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 10 Maret 2018

Buttercake Dasar 2 Telur (cinnamon cake)




Bikin lagi buttercake... kalo lagi seneng ya dicobain satu2 resep buttercakenya. Masih sama nyoba resep ncc. Resep cinnamon cake ini ada dibuku resep makanan favorit antigagal dan resep favorit kursus ncc, di webnya ncc juga ada.

Kalo kata aku daripada yg 4 telur aku lebih suka yg 2 telur ini. Walau 2 telur teksturnya empuk, gak terlalu beremah. Ditambah lagi ditaburi kayu manis bubuk makin enak aja buttercakenya.

Untuk gulanya ku kurangi 1 sdm. Karena aku pake skm untuk susunya jadi takut terlalu manis. Btw rasanya pas.



Buttercake sering juga disebut poundcake kenapa di sebut poundcake karena bahan2 cake menggunakan ukuran serba satu pound. Buttercake pun termasuk salah satu cake paling kuno.

Buttercake adalah suatu metode pembuatan kue dengan cara mentega yg dikocok duluan bersama gula hingga lembut dan mengembang.



BUTTERCAKE DASAR 2 TELUR (CINNAMON CAKE)
Resep by: Fatmah Bahalwan


BAHAN:
120 gr mentega
1/2 sdt vanili
250 gr gula pasir
2 butir telur
200 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
150 ml susu cair

Pelengkap:
Gula bubuk dan kayu manis bubuk secukupnya

Cara buat:
Panaskan oven 180 derajar celcius

Kocok mentega, gula dan vanili hingga mengembang dan pucat. Masukkan telor kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang

Masukkan tepungvterigu, baking powder dan susu secara bergantian sambil diaduk hingga rata.

Tuang kedalam loyang persegi 22 cm tinggi 3-4 cm.( Aku pake loyang brownies) Yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. Panggang hingga matang. Kurang lebih 30 menit.

Angkat dan dinginkan. Taburi gula bubuk dan kayu manis. Potong2.

Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar