Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 24 Maret 2018

Tempe Jeletot


Minggu kemarin saya bikin tahu jeletot sekarang giliran tempe yg dibuat jeletot... isiannya aku pake kol sama wortel. Yang namanya jeletot yang pasti rasa mesti pedes ya.

Tempe jeletot saat ini lagi viral banget di medsos2.. ada yang bikin dalemnya cuma sambel aja gak pake sayur.. aku sih biar lebih lengkap aja jadi ku tambah sayur, ngikutin tahu jeletot 😆. Semua itu cuma masalah selera aja.. hehe..

Tempe nya dipotong jangan tipis2 ya... kalo tipis2 namanya mendoan.. agak tebel biar bisa dibelah 2 tapi jangan sampe putus ya.




TEMPE JELETOT

bahan:
1 papan tempe
150 gr tepung terigu
1 sdm tepung beras
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 batang bawang daun iris halus
1 batang seledri iris halus
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng


Isian:
150 gr kol
1 buah kemiri
5 buah cabai rawit merah
2 buah cabai keriting merah
3 siung bawang merah
3 btr bawang putih
Minyak untuk menumis
50 ml air
1/2 sdt garam
3/4 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
1 buah wortel, serut halus


Cara buat:

Iris agak tebal tempe lalu belah ditengahnya tapu jangan sampai putus. Sisihkan.

Haluskan bawang, kemiri dan cabai. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, masukan wortel, dan sedikit air, tumis hingga air menyusut, masukkan kol. taburi gula, merica dan garam. Koreksi rasa. Angkat.

Ambil satu buah tempe , masukan bahan isian hingga penuh. Lakukan sampai habis. Sisihkan.

Campurkan terigu, dan tepung beras, daun bawang, seledri, merica serta garam. Masukan air sedikit-sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.  jangan terlalu encer nanti susah menempel . Apabila semuanya sudah selesai, panaskan minyak goreng yang agak banyak. Ambil satu buah tempe isi, kemudian celupkan ke dalam campuran terigu, lalu goreng di dalam minyak panas. Goreng hingga kulit terlihat kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, sajikan hangat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar