Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 09 Maret 2018

Tumis Bawang Lokio


Nemu dipasar bawang lokio nanyain 2 iket 15 rebu ntahlah murah apa gak ya harga segitu. Penasaran aja sama rasanya kata ibu aku enak. Sudah lah beli.

Bawang lokio ini sering disebut juga bawang batak. Karena sering dipakai bumbu2 masak, masakan daerah batak. Biasanya dicampur ketika masak ikan, agar tidak bau amis.

Untuk masak dan makan, aku baru kali ini nyoba.  Walau ibu dan nenek aku dulu suka buat tapi aku gak pernah makan, dulu sih masih geli mo nyobain, karena trend ada tumis bawang merah dan kucobain enak, ya sudah aku coba buat tumis bawang lokio ini. Bawang lokio ketika dimakan teksturnya kriuk2, baunya khas banget, beda dengan daun bawang, lebih enak lokio daripada daun bawang kalo kata saya.

Oh ya... akar dari bawang lokio di buang aja ya... saya gak dibuang hehe.... liat dari leluhur klo masak gak dibuang jadi ngikutin 😊.




Lokio memiliki bentuk yang hampir sama seperti bawang, namun memiliki tangkai yang lebih panjang dengan warna yang cenderung putih.

Karena masih satu keluarga dengan bawang, maka memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bawang daun namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, lokio memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan kita. Lokio merupakan salah datu bahan ramuan herbal asli di Eropa, Amerika Utara dan sebagian Asia. Namun sekarang penggunaannya sudah mulai meluas di seluruh dunia, karena sering digunakan sebagai bahan tmabahan dalam kuliner tertentu.

Umumnya lokio digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti sup, saus, untuk mengurangi bau amis dari ikan, berbagai masakan ala Meksiko, berbagai hidangan dari kentang dan berbagai jenis makanan lainnya.

Lokio memiliki rasa yang ringan dan tidak terlalu menyengat bila ditambahkan dalam masakan.


TUMIS BAWANG LOKIO

bahan:
2 ikat bawang lokio bersihkan, buang yg sudah layu. Buang akarnya.
3 buah tahu kulit potong2
3 sdm udang rebon
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Sedikit air

Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah keriting

Cara buat:
Panaskan minyak goreng. Masukkan bumbu halus. Tumis hingga harum. Masukkan potongan tahu, udang rebon. Beri sedikit air.Aduk2. Masukkan garam dan merica aduk2. Jika dirasa bumbu sudah meresap ketahu. Masukkan bawang lokio masak hingga layu. Cicipi. Jika sudah ok, matikan api sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar