Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 30 Maret 2018

Mini Quiche Lorrain


Akhirnya nyempetin juga buat quiche lorrain.... dah rencana dari dulu sebenernya...

Biasanya klo bikin quiche lorrain tuh dicampur sama bayam ya... untuk resep ini gak... aku pake resep Diah Nimpuno dari buku "ayo membuat masakan dan kue dari bahan hallal" Buku ini adalah buku ke 10 beliau dan beliau untuk saat ini sudah mdngeluarkan 11 buku resep.

Quiche lorrain itu hidangan yg berasal dari perancis dan termasuk kategori pie atau pastry.

Untuk adonan isinya, mirip2 dengan makroni skotel, cuma ini gak pake makroni aja. Karena aku lagi gak ada keju chedar aku coba pake keju oles... untuk rasa tetep enak kok. Untuk mempercantik penampilan sebaiknya taburi keju chedar.



MINI QUICHE LORRAIN
RESEP BY : DIAH NIMPUNO

bahan:
Bahan kulit:
250 gr tepung terigu protein sedang
150 gr margarine
1 sdt garam
1 kuning telur
2 sdt air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Bahan isi:
50 gr bawang bombai cincang halus
100 gr daging asap potong korak kecil
2 butir telur
100 ml susu cair full cream
100 ml susu evaporated jika tidak ada pakai susu cair aja.
100 gr keju chedar parut - aku pake keju oles
50 gr keju chedar parut untuk taburan - aku gak pake
Garam, gula, merica bubuk, pala secukupnya.

Cara buat:
Kulit: masukkan tepung terigu ke mangkuk adonan tambahkan margarine dan garam. Aduk dengan ujung jari hingga berstektur seperti pasir kasar.

Masukkan kuning telur dan air jeruk lemon aduk kembali menggunakan ujung jari hingga menjadi adonan yg menyatu (jangan menguleninya karena akan menyebabkan adonan menjadi keras).

Siapkan cetakan pie kecil oles tipis dengan margarine sisihkan. Gilas adonan kulit. Diantara 2 lembar pelastik hingga setebal 1/2 cm. Potong dengan menggunakan cookies cutter dengan diameter sesuai dengan diameter cetakan.

Letakkan adonan kedalam cetakan ratakan dengan cara menekannya sedikit. Tusuk2 dengan garpu agar saat dipanggang tidak mengembung.

Panggang dalam oven 15 menit hingga matang , angkat dan sisihkan.

Isi: campur dan aduk semua bahan untuk isi kecuali keju untuk taburan. Tuang kedalam kulit. Taburkan keju parut dan panggang kembali selama 30 menit . Atau hingga permukaannya kuning keemasan.

Angkat dan diamkan selama 5 menit dalam loyang. Setelah itu lepaskan dari loyang. Sajikan hangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar