Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 29 September 2017

Ampyang Jahe Gula Merah



Ampyang adalah makanan tradhisional khas Jawa yang terbuat dari kacang tanah dan diberi gula jawa. Rasa ampyang itu manis dan gurih.

Suka banget sama makanan satu ini. Kalo lagi ke yogyakarta aku suka beli. Karena sekarang gak tau kapan ke yogya lagi mari kita bikin sendiri. Buatnya gampang banget bahannya juga mudah di dapat. Aku bikin pake kacang tanah lepas kulit, bisa juga gak.

Trus pembuatannya. Kacang bisa digoreng dulu atau disangrai dulu terserah aja ya.... pilih kacang dan gula jawanya kualitas terbaik. Supaya rasa dari ampyangnya juga enak... ada juga membuat ampyang dicampur cabai... kalo saya bikin pake jahe aja untuk pedesnya dan hangatnya.

Masukin kacangnya ingetnya ketika gulanya dah berambut cirinya dah berbusa2. Trus kalo disendokin keatas jatohnta kyak rambut. Mungkin bisa dikatakan kalo dah jadi karamel gulanya.

Pokok e.... saya suka sama ampyang... suka.. suka....





AMPYANG JAHE GULA MERAH


BAHAN:

150  kacang tanah gunakan yang kualitasnya bagus
75 gram gula pasir
75 ml air
125 gram gula merah kita sisir halus
1 sendok makan air parutan jahe

Cara membuat :

Pertama kita sangrai kacang tanah hingga matang. Angkat dan sisihkan.

Kemudian kita masak gula merah, air, gula pasir dan air jahe hingga berambut.

Kemudian kita masukkan kacang tanah sangrai aduk aduk rata.Kemudian kita sendokkan diatas kertas roti atau daun pisang  dan bentuk bulat kacang tanah dan diamkan hingga mengering.

Setelah dingin simpan dalam toples kedap udara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar