Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 30 September 2017

Cendol Pandan Gurih




Cendol ini bukan minuman ya tapi cendol yg digoreng. Bikinnya pake tepung tapioka. Sama aja dengan telur gabus... cuma penamaannya beda. Mungkin di daerah jawa sana selain jawa barat nama camilan ini disebut cendol karena bentuknya mirip cendol.

Dah kucoba rasanya gurih aku pengen pedes sebenernya tapi pedesnya kurang berasa. Tambahin lagi cabe bubuknya kalo pengen lebih pedas atau mungkin bisa ditaburi cabai bubuk ketika sudah matang.

Bikin cendol ini awalnya aku ketakutan... takut kalo pas nyalain kompor trus meledak cendolnya. Baca2 pengalaman orang lain yg gak ngikutin prosedur. Tapi kalo ngikutin prosedur gak kok. Adonan yg sudah dipilin di rendem dulu pake minyak dingin. Trus klo mau digoreng langsung aja ditempat yg sama langsung cetrekin kompor dengan api sedang menuju kecil (gak gede2 gitu maksudnya) insya allah selamat... hehe.... gorengnya jangan diaduk2 dulu sebelum garing.

Hasilnya retak2 karena yg kupake telurnya kecil...  kurang ngiket jadinya.





CENDOL PANDAN GURIH
Resep by: blog Jajane Vivi - cendol keju klik disini

Bahan :
125 tepung tapioka
1btr telur
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
25gr mentega
1 1/2 sdt cabai bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
2 tetes pasta pandan
Sejumput garam
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :
1. Kocok telur, kaldu bubuk, bawang putih bubuk, cabai bubuk, mentega dan garam hingga lembut. Tambahkan pasta pandan kocok sebentar aja.

2. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata dengan spatula. Kemudian uleni hingga bisa dibentuk.

3. Ambil sedikit adonan kemudian pilin hingga membentuk menyerupai cendol. Jatuhkan ke dalam minyak dingin, lakukan hingga adonan habis dan terendam minyak semua.

4. Nyalakan kompor dengan api sedang, biarkan minyak panas dan adonan mengeras kemudian goreng dan aduk-aduk hingga matang.

5. Jika sudah matang angkat dan tiriskan kemudian simpan dalam toples.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar