Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 23 September 2017

Ketan Saos Durian


Ini makanan kesukaan adek... kalo ke Bandung minta dibikinin ketan saos durian dah beberapa kali pulang selalu buat walau saya gak sempet foto karena rempong baru kali ini sempetnya karena libur agak panjang...  saya liatnya, makannya dah enek dech karena saking seringnya bikin masakan satu ini.

Nasi ketan boleh bikin pake santan atau gak, terserah aja. Saya gak pake santan karena kuahnya dah bersantan, mengurangi santan yang berlemak aja, kalo mau lebih gurih silahkan pake.

Durian yang dipakai boleh durian yang asem dah masuk angin. kalo yang bagus manis kayaknya sayang kalo dibuat beginian. mending digado aja :-).  Kemarin Adek sengaja beli yang dah masuk angin, sama si emangnya dimurahin dikasih banyak.




Ketan Saos Durian

Bahan ketan :

500 gr beras ketan putih, cuci dan rendam semalaman.  Tiriskan
500 ml  air mendidih
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan, potong 3 cm

Bahan saus :

650 ml santan dari 1 butir kelapa
1 lembar daun pandan, ikat
100 gr gula merah, sisir
1/2 sdt garam
10 mata durian, ambil dagingnya

Cara membuat :

Ketan :
kukus ketan hingga setengah matang, angkat.
Dalam mangkuk besar taro ketan pada mangkuk lalu siram dengan air mendidih. Beri garam dan daun pandan aduk2.  Kukus kembali  ketan selama 30 menit sampai matang

Saus durian :
masak santan, garam bersama daun pandan, gula merah sampai gula larut. Masukkan daging durian .  Aduk rata. Rebus hingga santan mendidih. Dan mengental. Jangan lupa cicipi.

Angkat Taruh ketan dalam mangkuk, siram dengan saus durian panas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar