Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 14 Januari 2017

Pempek DOS (tanpa ikan)


Pempek dos ini bener lembut gak alot lho. Trus bumbunya pas banget. Saya liat resep ini dari cookpad menurut info resep ini karya ny. Liem..

Saya kesulitan pas bikin pempek kapal selamnya. Telornya meleber kemana2.... jadinya saya buat lenjer dan pempek bulat... kapal selamnya ancur lebur :-)



Pempek DOS (tanpa ikan)

Bahan-bahan

250 ml Air

2 sendok teh Garam

125 gram Tepung Segitiga Biru

2 butir telur

200 gram Tepung Tapioka

1 1/2 sendok teh Kaldu bubuk


Bahan kuah cuka:

500 ml air

200 gram Gula Merah

100 gram Gula Pasir

3 sendok makan Cuka

8 siung Bawang Putih

5 buah Cabai rawit merah

3 buah Cabai merah keriting

1 1/2 sendok makan Ebi kering


Cara buat:

Siapkan panci kecil, masukkan 250 ml air, 2 sendok teh garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga air mendidih, aduk hingga bahan larut.


Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk cepat dengan menggunakan spatula. Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga agak hangat.


Tuangkan adonan tepung yang telah hilang uap panasnya tetapi masih sedikit hangat ke dalam mangkuk mikser, tambahkan 2 butir telur kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik dan tidak ada gumpalan adonan yang kasar.


Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.


Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong, bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan.


Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi kocokan telur.


Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.


Setelah semua adonan selesai dibentuk, siapkan air mendidih. Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Rebus kurang lebih 20 menit. Angkat dan tirikan.

Goreng pempek dis pada minyak panas.

Cara buat kuah cuko:

Rebus seluruh bahan hingga mendidih lalu cicipi.



Saya buat pempek balut telur juga nie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar