Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 23 Juli 2017

Sop Ayam Klaten


Sop yang banyak dijual di daerah Klaten dan sangàt terkenal. Sop ayaM ini khasnya mang bening begini gak pake wortel, buncis, ketang dll dan ayam yg dipakai adalah ayam kampung, jadi rasa dari kuah ini bener2 sedep. Direbusnya dengan api kecil agar kaldunya bener2 keluar, bumbunya pun meresap ke ayamnya.


Kalo kata bunda nina jika mau kuaHnya bening disaring kuahnya. Setelah ayam empuk pisahkan dari kuahnya lalu saring. Saya gak pake proses itu makanya kuahnya keruh :-)

Untuk bunda nina selamat atas penerbitan buku pertamanya ya. Di salah satu resep dari bukunya, ada resep ini lho. Gambarnya ok bgt dech. Saya sudah lama sebenernya kepikiran, temen2 blog yang dah bertahun2 ngeblog dah pada ngeluarin buku contohnya jtt mbak endang, dapur manis mbak rina, dapur eyand. Nah ini blog yang sering kutiru masakannya catatan nina kok gak ngeluarin buku ya, dan akhirnya jawaban itu muncul, akhirnya catatan nina ngeluarin buku juga dan diberi judul 'Dapur Bunda Nina'. Saya menyayangkan juga sih kok bunda nina gak bikin promosi gitu di ig atau di fb mengenai bukunya trus ngadain disc kalo beli buku langsung di dia seperti yg lainnya. Nah ini saya malah tau dari tulisan salah satu blog juga. Baik lah gak apa2, mungkin saya orangnya kurang gaul :-), jadi gak tau. Terus berkarya ya bunda nina dan teruslah  ngeblog jangan bosen, foto dan resepnya selalu ku tutunggu.


SUP AYAM KLATEN 
Resep by: catatan nina


Bahan : 
1 ekor ayam kampung ukuran sedang, potong-potong sesuai selera 
2,5 liter air atau tambahkan bila perlu 
5 sdt garam 
2 sdm minyak untuk menumis 
2 batang daun bawang, iris tipis
1 batang seledri  iris tipis. Aslinya gak pake
bawang goreng secukupnya 

Bumbu Halus : 
7 siung bawang putih 
3 butir bawang merah 
1/4 sdt merica butiran 
1 biji pala 

Cara Membuat : 
1. Rebus ayam dengan menggunakan api kecil. Tujuannya agar kuah kaldu bisa bening. 
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam. 
3. Masukkan garam dan teruskan memasak hingga bumbu meresap dan ayam empuk. Test rasa hingga sesuai selera. 
4. Matikan api, ambil potongan ayam dan tiriskan kemudian saring kuahnya bila suka. 
5. Sajikan hangat dengan potongan daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar