Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 29 Juli 2017

Roti Empuk Ncc (resep dasar roti)



Lagi seneng buat roti nih saya. Maklum baru beli breadmaker. Aku sebenernya paling males bikin roti karena males nguleninya pake tenaga banget dan ngerusak mixer karena mixer yg kupunya mixer kecil untuk mixer kue aja. Makanya sengaja ku beli breadmaker. Anakku juga seneng banget sama yang namanya roti, apa lagi roti sosis. Tapi maaf kali ini emaknya belum bisa buatin. Karena baru testing2 alat aja, baru mengexplor alat jadi bikin yang simple2 aja dan saya jùga lagi kebanyakan acara.hehe... banyak alásan.


Resep yang kupake. Resepnya bu fatmah nih. Terserah mo difariasiin kayak apa resepnya mo di isiin apa rotinya, Terseah dech. Karena saya baru mencoba testing alat jadi bikin yang simple aja ya... cuma isi sokade dan kismis, bahan seadanya yang ada di rumah.

Alhasil experiencenya berhasil, rotinya empuk dan manisnya pas.  Anak2 suka, makannya panas2 sehabis matang dari breadmaker, enak... dan empuk rotinya.


Saya gak pake oles2 untuk rotinya. Karena kutinggal shopping bikinnya. Jadi gak sempet atasnya ku oles. Pulang2 dah mateng dan rotinya masih hangat.






Roti Empuk (Resep Dasar Roti)

By : Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr    tepung terigu protein tinggi
100 gr    gula pasir
25 gr   susu bubuk
4 btr    kuning telur
11 gr   ragi instan
3 gr     bread improver
130 ml    susu cair
100 ml    air es
100 gr    mentega/margarin
1 sdt   garam

Bahan olesan:

3 btr telur
½ sdt garam
2 sdm susu

Cara membuatnya:Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.Masukkan susu, air dan telur, aduk dan uleni sampai rata.Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis. Istirahatkan adonan 15 menit. Adonan siap dibentuk.Potong dan timbang adonan @ 50 gr, bulatkan sempurna. Istirahatkan 15 menit lagi, lalu dibentuk dan diberi isi. Diamkan 30 menit atau hingga mengembang. Campur semua bahan olesan, aduk rata. Oles permukaannya dengan bahan olesan.Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang. Angkat. Panas-panas langsung olesi permukaannya dengan mentega.



Resep by breadmaker ala saya

Roti Empuk (Resep Dasar Roti)

By : Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr    tepung terigu protein tinggi
100 gr    gula pasir
25 gr   susu bubuk
4 btr    kuning telur
11 gr   ragi instan
3 gr     bread improver
130 ml    susu cair
100 ml    air es
100 gr    mentega/margarin
1 sdt   garam

Bahan olesan:

3 btr telur
½ sdt garam
2 sdm susu

Cara membuatnya:

Tuang susu cair, air dingin, kuning telor ke dalam wadah bread maker yang sudah dipasangi sendok pengaduk. Tuang lagi gula pasir dan margarine. Diatasnya tuang tepung terigu. Dìsisi2nya (dipojokan wadah) tuang susu bubuk, garam, bread improver. Di tengah2 gundukan tepung lubagi dengan telunjuk atau sendok lalu tuang ragi. Taro wadah bread maker ke dalam breadmakernya lalu kunci.

Nyalakan breadmaker lalu tekan menu dan pilih roti manis. Pilih banyaknya tepung, pilih 750 gr, pilih warna roti pilih yang terang. Tekan start. Maka bread maker akan menguleninya secara otomatis. Ketika breadmaker berbunyi biasanya 5 menitan sebelum selesai mengulen dia berbunyi lalu masukkan kismis, sokade sesuai seléra aja. Biarkan breadmaker bekerja hingga selesai dan roti matang.


Breadmaker yang saya gunakan merk Re-Bread.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar