Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 09 Juli 2017

Lontong


Kalo di daerah jawa misalnya Kudus lagi pada lebaran ketupat ya. Lebaran ketupat itu sepekan setelah lebaran 1 syawal atau tepatnya tanggal 8 syawal lebaran ketupat. Saya ikut2an lebaran juga ah... walau gak bikin ketupat tapi lontong :-).  Waktu lebaran idul fitri saya bikin ketupat sayang gak kufoto, maklum rempong amet. Bikin banyak kue dan masàkan lainnya, jadi gak sempet foto2. Liat aja hasil fotoku waktu lebaran, seadanya aja. 

Pernah kutulis juga resep pembuatan lontong ini sebelumnya. Kali ini saya cuma rebus 5 jam aja, keburu kesel. Dan saya mengisi berasnya 1/2nya aja. Sebenernya saya lebih suka yg agak keras biar kenyangnya awet :-). Tapi karena yang pengen sukanya empuk ya sudah saya ngalah.



LONTONG
Bahan:

1/2 kg beras cuci bersih
1 sdt garam
1/2 sdt air kapur sirih
daun pisang secukupnya
10 buah selongsong cetakan lontong

Cara buat:
masukkan daun pisang kedalam selongsong cetakan lontong dengan cara digulung sampai permukaan dalam cetakan tertutup dengan daun lebihi atasnya sebesar 3 cm untuk tutupnya potong. Untuk bawahnya potong seukuran tutup dilebihkan beberapa cm daun pisang.


Campur beras yang telah dicuci dan ditiriskan dengan garam dan air kapur sirih.

Masukkan beras kedalam cetakan hingga 1/2 penuh, jika ingin agak keras isi 3/4 penuh. Tutup cetakan lalu kunci. Lakukan hingga beras abis.

Rebus lontong hingga 4 sampai 8 jam. air rebusan hingga menutupi seluruh lontong jika ditengah jalan air menjadi sedikit tambahkan lagi air






Tidak ada komentar:

Posting Komentar