Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 20 Oktober 2018

SERABI KINCA


Buat serabi pandan yg no ragi, hasilnya bagus, tetep berongga walau gak seberongga yg pake ragi, ( kalo pake ragi tuh gampang banget berongganya) tapi tekstur empuk kok walau dibesokin trus serabi tengahnya menggunung. Pilih baking powder yg masih bagus ya biar bisa berongga cantik.

Bikin serabi wajannya harus bener2 panas pas nuang, kalo gak panas serabinya jadi bantet gak berongga.

Resep serabi ini ku ambil dari buku primarasa seri buku sarapan ala Indonesia, resep asli kincanya pake nangka, yg aku bikin ini kinca biasa aja tampa nangka.




SERABI KINCA
Resep by: Buku Primarasa Seri Buku Sarapan ala Indonesia

BAHAN:
200 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
1/2 sdt garam
75 gr gula pasir
1sdt baking powder
2 butir telur kocok lepas sebentar
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm air daun suji atau 2 tetes pasta pandan

Kinca:
100 gr gula merah disisir
1 sdm gula pasir
400 ml santan
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan robek2

Cara buat:
Serabi:
Campur jadi 1 tepung terigu, tepung beras, garam, gula pasir, baking powder dan telur kocok ke dlm mangkuk. Tuang 200 ml santan ke dalamnya. Aduk sambil ditepuk2 dengan telapak tangan selama 10 menit hingga adonan halus dan terasa ringan.

Masukkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur. Tambahkan air daun suji, aduk2 supaya udara bisa masuk ke dalam adonan. Diamkan selama 60 menit.

Panaskan wajan atau cetakan serabi masukkan 1 sendok sayur adonan ke dal wajan. Tutup wajan
 Biarkan hingga permukaan adonan berlubang dan tidak basah lagi. Tandanya serabi sudah matang. Keluarkan serabi dari wajan.

Kinca: masukkan gula merah, gula pasir, santan, garam dan daun pandan kedalam panci. Masak diatas api sambil diaduk agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih matikan api. Sisihkan.

Penyajian: taruh serabi diatas piring saji siram dengan kuah kinca. Sajikan segera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar