Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 24 Oktober 2015

Florentine Cup


Praktek buat kue 'Florentine Cup' resep ku dapat dari buku '100 Kue Kering Pilihan Ny. LIEM'. Awalnya aku tertarik untuk membuat kue ini karena warnanya yang menarik kulit pie dan atasnya ada cerry warna warni, tapi dalam pembuatan kali ini cerrynya ku ganti sokade karena biar agak ngirit :-), dan untuk kacang mete ku ganti, kacang tanah.

Dalam membuat kue ini menggunakan bahan namanya 'knusper'. Bahan ini bahan utama untuk membuat kue florentine, kalo gak ada bahan ini gak bakalan jadi. Hehe..... gak juga sih sebenernya.... ada kok yang mencoba mengganti bahan lain dan berhasil. Tapi kalo aku bener - bener pake knusper. Susah emang cari bahan ini... aku dapetnya di toko bahan kue Ny.Liem di Jalan Naripan Bandung. Disana dijual persetengah kg. Karena penasaran gatel pengen buat kue ini, aku beli aja. Harganya juga lumayan permirsa.... setengah kilo 65.000 rupiah. Bisa untuk dipake 5 resep florentine cup sih.


FLORENTINE CUP
Resep by: Ny. Liem
Recook By : Miranti

bahan:
bahan I:
75 gr mentega
50 gr margarine
75 gr gula halus
1/2 sdt emplex
1/4 sdt vanili bubuk
1 butir telur

Bahan II:
25 gr susu bubuk
275 gr tepung terigu

Bahan III:
50 gr cornfalkes ( aku gak pake ) hancurkan
50 gr ceri merah potong kecil (aku gak pake)
50 gr ceri hijau potong kecil ( aku ganti sokade warna warni 100 gr biar agak ngirit biaya)
100 gr kacang mete, cincang dan panggang 1/2 matang (saya pake kacang tanah yang disangrai dulu)
50 gr kismis potong kecil
50 ml susu kental manis
100 gr knusper + 4 sdm air (pas aku rasain, rasanya manis, dan larutannya kental seperti jelly klo dikasih air)
1 sdm wijen (aslinya gak pake)

Cara buat:
1. Campur dan kocok bahan I menjadi 1 hingga mengembang dan putih.
2. Masukkan bahan II sedikit dimi sedikit aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
3. Cetak adonan ke dalam cetakan pie kecil (biasa disebut cetakan nastar). Lakukan hal yang sama hinģga adonan abis. Letakkan dan susun di dalam loyang. panggang ke dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 10 menit hingga 1/2 matang. Angkat.
4. Campur dan aduk bahan III hingga rata. Isi kedalam adonan pie yg telah dipanggang 1/2 matang.
5. panggang kembali ke dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 10 menit hingga matang dan kering. Angkat dan dinginkan.
6. lepaskan kue dari cetakan. Simpan ke dalam toples kedap udara.




Bagi yang tidak punya knusper, atau yang susah cari knusper bisa  dicoba resep ini. tapi saya belum pernah buat yang tanpa knusper sih..... saya liat resepnya di blog cookiesbunda ini link nya http://cookiesbunda.blogspot.co.id/2009/01/kue-kue-kue.html. Saya share untuk isiannya saja, bahan dan cara buat kulit pienya sama kok.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar