Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 24 November 2017

Keripik Bayam dan Keripik Pare


Akibat nemu di supermaket ada disc sayuran beli satu gratis satu saya beli bayam yang harganya 850 perak seiket karena beli satu gratis satu jadi harganya hampir 400 perak... murah banget. Capcus bikin kripik bayam sisanya bikin sayur bening.


Bikin camilan lagi.....

Kenapa kali ini keripik bayam dan keripik tema saya gabungin di halaman ini. Alasannya dimple aja, karena saya menggunakan adonan tepung yg sama.

Saya cocok dengan resep yang ini. Sebelumnya saya pernah buat keripik bayam dan menulis resepnya diblog ini dan saya pakai lagi.

Keripiknya dijamin gak keras, renyah dah pasti ya... tahan lama tentu dong... asal naro di tempat yg kering dan kedap udara.

Untuk resep dibawah lumayan jadinya banyak banget kok. Saya bisa bikin 2 macem keripik. Untuk pare aku pake 3 buah, untuk bayam ada 3/4 ikat.

Untuk bayam tentunya daun bayam harus sudah dalam keaadaan dipetiki dan sudah dicuci bersih lalu ditiriskan, baru bisa dimasukkan ke dalam adonan tepung dan siap untuk digoreng.



Bahan adonan keripik:

8 butir kemiri, tumbuk halus
3 sendok makan tepung kanji
200 gram tepung beras
3 siung bawang putih

Garam, merica, kaldu bubuk (dikit aja) dan air terpisah secukupnya

Minyak goreng juga secukupnya

Cara Membuat Keripik :

Campur tepung kanji dan tepung beras, garam, merica, kaldu bubuk aduk hingga rata menyatu.

Pada wadah yang sama, masukkan, bawang, dan kemiri halus. Tuang air secukupnya (kira-kira aja), aduk hingga menjadi aodnan encer namun tetap kuat membalut.

balurkan atau celup langsung bahan yg ingin dibuat ketipik ke dalam adonan tepung encer satu persatu hingga matang. Sebelumnya jangan lupa panaskan minyak goreng.

Tiriskan keripik yang sudah digoreng hingga minyaknya benar-benar tersisihkan.

Terakhir, siapkan stoples kedap udara untuk menyimpan keripik yang sudah jadi.



Untuk keripik pare.... pertama2 yang harus kita siapkan tentunya mencuci bersih pare. Lalu belah 2 buang bijinya, kemudian iris tipis.

Untuk menghilangkan pahit dari pare kita bisa menyiapkan air panas dan garam. Tuang garam banyak2 kedalam air panas tersebut lalu masukan irisan pare. Diamkan minimal sejam. Saya malah semalaman, baru paginya diolah.

Setelah di rendam, cuci bersih pare lalu tiriskan hingga benar2 tiris. Bisa juga dijemur dulu parenya hingga kering.

Baru pare bisa diokah menjadi keripik.


Untuk menggoreng keripik pare agak lama dibandingkan bayam. Tentunya karena pare lebih tebal. Jika ingin garing betul bisa pare di jemur terlebih dahulu lalu digoreng setengah matang lalu digoreng lagi hingga kering.

So dijamin keripik pare renyah... gurih, gak pait....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar