Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 10 November 2017

TELUR GABUS GULA MERAH


Bikin camilan lagi.... weekend waktunya bikin camilan. Hehe... hati2 banyak ngemil badan tambah melar lho....

Beberapa minggu lalu aku pernah bikin telur gabus gula merah dengan bahan dasar tepung ketan putih. Kali ini aku nyoba bikinnya pake tepung sagu.

Kalo pake tepung sagu agak lembek adonan mentahnya dari pada menggunakan tepung ketan. Ngembang nya sama jadinya ngembang banget. Tapi kalo hasil akhir aku lebih seneng tepung ketan teksturnya lebih empuk kalo pake tepung sagu agak keras tapi renyah kok.... bisa dikunyah, bisa digigit. Hehe....  gak keras2 amet tapi ya klo dibandingin sm tepung ketan lbh empuk tepung ketan gitu.



Ini fotonya pas mateng banget jadi balutan besta keliatan mengkilat, dilamain gak kok.

Untuk tips pembuatan telur gabus masih sama seperti tulisanku sebelumnya  mo pake tepung sagu atau tepung ketan pembuatannya, tahap2nya sama aja. Enak mana nya sesuai selera aja, lidah orang beda2. 😆.



TELUR GABUS GULA MERAH

Bahan  kue gabus :
300 gram tepung sagu
65 gram tepung terigu protein sedang
3 butir telur, dikocok lepas
60 ml air -- saya 50 ml krn dah kerasa encer
½ sendok teh garam
minyak goreng secukupnya


Bahan Besta :
200 gram gula merah, disisir halus
100 gram jahe parut, diperas airnya hingga 3 ½ sendok makan
100 ml air


Cara Membuat  :

Ambil wadah ukuran sedang untuk membuat adonan. Masukkan tepung sagu, tepung terigu, dan garam dapur. Campur dan aduk bahan keing menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.

Masukkan dan kocok telur di tempat terpisah. Aduk sampai putih dan kuning telur tercampur rata.Masukkan telur sedikit demi sedikit ke dalam bahan kering tadi sambil diaduk menggunakan tangan atau biasa juga disebut uleni. Ulangi sampai telur habis dan adonan terasa kalis.

Ambil adonan kue yang sudah jadi sedikit di atas telapak tangan. Gulung gulung sembari dibentuk adonan lonjong kecil panjang. Atau kita bisa membentuknya sesuai imajinasi dan kreasi kita sendiri. Ulangi proses tersebut sampai semua adonan terbentuk. Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam minyak dingin sebentar.

Untuk adonan Besta :
Ambil wajan, kemudian kita rebus gula merah, air jahe, dan air sambil diaduk sampai berambut. Tambahkan telur gabus ke dalamnya. Aduk dengan api kecil sampai kering.Kue gabus bisa disajikan :)




Untuk 700 gr....lumayan banyak ..... 😆😆😄😘😘 monggo dicoba... gak nyesel pokok e....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar