Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 11 November 2017

MARTABAK BOLU MINI


Alhamdullilah bikin martabak manisnya cantik bersarang. Pernah bikin tapi bukan pake resep ini kurang bersarang malah pernah bantet... bakalan jadi resep andalan nih.

Aku ngadoninnya jam 10 malem, pagi2 bangun tidur baru ku masak. Kukira adonan bakalan asem taunya gak...

Ntar kalo ke Bandung aku pengen buat lagi... martabak manis kesukaan qila nih.... dah beberapa kali minta dibuatin martabak tapi emaknya kurang mood (gak mood karena kalo bikin bantet mulu mendingan beli :-) ) Kalo di Bandung malah aku punya cetakan martabak mini. Kalo ini aku bikinnya pake teflon aja.


MARTABAK BOLU MINI
Resep by: blog catatan nina

Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
300 ml susu cair
 3 butir telur
30 gr gula pasir
1/2 sdt ragi instan
1/4 sdt baking powder
50 gr butter / margarin, lelehkan

Taburan : gula pasir keju parut susu kental manis  atau sesuai selera

Cara Membuat :

1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, gula pasir, baking powder dan garam.

2. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisker. Aduk hingga rata.

3. Masukkan ragi instan, aduk rata dan diamkan selama 30 menit.

4. Campur 30 gr gula pasir dan telur, kocok lepas memakai garpu kemudian masukkan ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Aduk rata.

5. Masukkan butter leleh dan baking powder, aduk hingga rata.

6. Panaskan cetakan, tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan dan masak dengan api kecil. Biarkan adonan hingga berlubang-lubang, taburi gula pasir kemudian tutup cetakan. Masak hingga matang.

7. Setelah matang, angkat dari cetakan, olesi butter dan beri susu kental manis secukupnya kemudian beri taburan sesuai selera.

Sumber: https://catatan-nina.blogspot.co.id/2015/04/martabak-bolu-mini.html?m=1
LIKE, COMENT and SHARE ya ...


Tips untuk membuat martabak manis:

1. Gunakan ragi dan baking powder yang masih bagus. alias masih aktif.

2. Cetakan ketika menuang adonan harus dah panas... cirinya perciki dengan air jika airnya ngajeos trus lari2 tandanya cetakan dah panas.

3.  Ketika awal memasukkan adonan api yang agak besar dulu  (karena baling powder akan cepat bereaksi dengan api yang besar) ketika sudah terlihat berlubang beri taburan gula pasir lalu kecilkan api dan tutup. Agar martabak manis matang merata.




Gampangkan buatnya gak perlu mixer... jadi bagi yang gak punya mixer bisa buat... dan yang gak punya cetakan martabak, teflon juga bisa.

Saya pake teflon paling kecil yang untuk bikin telor ceplok atau pan cake, satu resep jadi 6 martabak mini. Lumayan banyak...

Untuk toping terserah aja mo ditaburin apa martabaknya, mo di buat 6 rasa atau 8 rasa juga selera aja 😊. Kalo saya untuk martabak manis sukanya keju susu, banter2 kismis.. 😆.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar