Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 04 November 2017

soun goreng


Masak simple buat sarapan. Cuma tumis soun sama sayuran. gak pake macem2, gak pake cabe, bawang daun, seledri. Bener2 seadanya bahan di rumah. Dah nyiapin saos sambal di sebelah kompor tapi gak kemasukin... hadeeh, maklumnya nenek2... lupaan banget.

Ini aku juga aku gak sengaja mo buat nemu soun sebungkus sisa bikin soto kapan tau. Ya sudahlah masak simple aja digoreng kecap.

Soun sendiri adalah mie halus yang dibuat dari pati. Bisa dari pati kacang hijau, umbi2an, sagu, aren dll.

Setelah di rebus atau direndam soun bewarna bening berstekrur kenyal dan memiliki permukaan yg licin. Soun dijual dalam keadaan kering dan terlipat seperti sarang burung. Soun biasanya dipakai untuk masakan tumis dan sop.  Soun ini menyerap kaldu dan rasa bahan2 lain yg dimasak bersamanya.




Soun Goreng

Bahan:
1 bungkus soun rendam dengan air
1/2 buah Wortel potong korek api
2 lembar Kol iris2
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Merica bibuk
1 sdm Kecap manis
1 sdt Saos tiram
Sedikit minyak goreng

Cara buat:
Panaskan sedikit minyak goreng tumis bawNg merah dan putih. Hingga harum. Masukkan irisan wortel masak hingga 1/2 matang lalu masukkan irisan kol. Aduk sebentar. Masukkan soun. Beri garam merica, kecap manis, saos tiram. Aduk rata. Cicipi. Masak jangan terlalu lama karena soun cepat hancur. Sajikan.





Dibawah ini ada video cara pembuatannya. Dan saya menyerah kalo disuruh bikin video masak. Peralatan untuk syuting blom ada. Trus kalo buat video gak mungkin jg klo masak diluar, bawa2 kompor diluar yg cahayanya bagus. Salut dech ada bloger atau pengguna instagram yg bisa ngeshoot bagus untuk video masak.

Trus kalo saya. Suapa yg mau megangin kamera kalo saya masak... di rumah saya tinggal sendiri. Ini aja saya akalin dengan cara menempel kamera di lemari gantung pake masking tape. Ada tripod tapi blom mumpuni untuk BEV.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar