Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 04 November 2017

Tempura Terong Jepang


Tempura itu gorengan asal Jepang. Yang bisa dibikin tempura banyak macamnya seperti udang, ubi, terong, bawang bombay, buncis dll.

Arti tempura sendiri makanan berupa makanan laut, tumbuhan liar, sayuran yang dicelup dengan tepung yang sudah diencerkan bersama air yang bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak panas dan banyak hingga bewarna kuning muda.

Mirip dengan furai tapi furai memasaknya dengan cara menyelupkan makanan yang diolah ke tepung terigu, kocokan telur,  tepung roti baru digoreng.

Minyak goreng yg dipakai untuk menggireng tempura sebaiknya minyak goreng yg bersih. Kalo dinegara asalnya untuk menggoreng tempura menggunakan campuran minyak wijen dan minyak biji kapas.

Usut punya usut tempura bukan masakan asli jepang. Tapi diperkenalkan oleh kaum misionaris katolik  dari portugis pada abad 16. Yang sering mencelupkan makanan dengan afonan tepung. Ada orang yg mengatakan kata tempura berasal dari bahasa portugis temporas yang artinya masa suci, tempero artinya bumbu dapur.





Tempura Terong Jepang

Bahan
Terong jepang (zucchini) 1 buah potong2

100 gr tepung terigu
1sdm tepung beras
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt baking powder
1 sdt garam
Air es secukupnya



Cara buat..:

aduk jadi satu tepung 100 gr tepung terigu, 1 sdm tepung beras, 1/2 sdt merica bubuk, 1/4 sdt baking powder dan 1 sdt garam. Tambahkan air es secukupnya hingga adonan kental. Cicipi. Sisihkan

Masukkan terong jepang yang sudah di potong2 kedalam adonan tepung.

Panaskan minyak goreng hingga panas. Masukkan adonan terong jepang. Goreng hingga kuning keemasan.

Jangan sering duaduk nanti tepung cepat lepas

Sajikan.





Terus terang aja awalnya aku pengen beli timun jepang. Eh taunya pas di belah kok kyak gini, malah mirip terong. Ya udah ku goreng tempura aja.

Dan ternyata kebanyakan orang mengira zucchini itu adalah mentimun. Tapi sebenernya kedua sayuran tersebut sangat berbeda. Dari bentuknya sendiri zucchini tidak selonjong timun jepang.  Dan terdapat bentuk seperti bintang di salah satu sisinya.

Kandungan gizinya pun berbeda dari timun jepang diantaranya fosfor, magnesium, zat besi dan lutein.

Manfaat dari zucchini sendiri adalah:
1. Membantu menyembuhkan asma
2. Menurunkan tekanan darah
3. Mencegah kanker
4. Menurunkan kolesterol



Tidak ada komentar:

Posting Komentar