Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 07 Oktober 2018

KHAO NIEW MA MUANG


Hidangan penutup khas Thailand yang sangat menggiurkan, terutama saat musim mangga. Perpaduan rasa beras ketan dan santan yg gurih serta mangga yg manis, membuat tak ingin berhenti menyantapnya.

KHAO NIEW MA MUANG atau kalo di Indonesia sering disebut manggo rice sticky atau ketan mangga. Meskipun berasal dari Thailand, makanan ini dikonsumsi di wilayah geografis Indochina di Asia Tenggara seperti Laos, Kamboja, dan Vietnam.  Ketan mangga lazim menjadi sajian dalam puncak musim mangga pada musim panas bulan April dan Mei di Thailand.

Makanan ini enak banget aku suka, pernah beli diluaran, tapi saya lebih puas bikin sendiri karena lebih enak bikin sendiri 😊. Kalo beli diluar tuh mahal harganya, yang pernah saya beli diharga 25 ribu. Kalo bikin sendiri 25 ribu bisa untuk lebih dari seorang trus kita kalo kurang kuah bisa tambah sendiri, jika kurang mangga kita bisa tambah juga.

Mangga pilih yang matang dan yg rasanya manis ya.


KHAO NIEW MA MUANG
resep by: primarasa seri buku jajanan asia

Bahan:
400 gr beras ketan
2 lembar daun pandan
800 ml santAn dari 1 butir kelapa
75 gr gula pasir
1 sdt garam
1 sdt tepung maizena campur dengan 2 sdm air
1 buah mangga matang - saya 3 buah mangga

Cara buat:
Cuci beras ketan hingga bersih lalu tiriskan, kemudian kukus dalam dandang bersama daun pandan selama 25 menit atau sampai beras transparan. Angkat keluarkan dari dandang sisihkan.

Masukkan santan, gula, daun pandan dan garam kedlm panci, jerang diatas api, aduk hingga gula larut dan santan mendidih, angkat. Bagi santan menjadi 2 bagian.

Masukkan ketan yg sudah dikukus kedalam panci lalu tuangi dengan 1 bagian santan aduk hingga rata. Sisihkan selama 5 menit. Kukus kembali hingga ketan matang. Angkat.

Masukkan sisa santan ke dlm panci, didihkan tuangi larutan tepung maizena aduk hingga santan mengental.

Kupas mangga iris dagingnya, potong2.

Bagi ketan keatas piring saji, beri irisan mangga. Lalu siramkan santan dipermukaannya. Sajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar