Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 10 September 2017

Kepiting Saos Padang


Klo masak kepiting itu inget waktu masih tinggal di Balikpapan... sering banget masak beginian... dan kepitingnya dagingnya tebel klo disana, harganya juga gak mahal kyak disini 7 tahun yang lalu sekilonya 30 ribu. Kalo di serpong harganya Masya Allah banget dan kualitasnya jauh banget sama di balikpapan. Diserpong aku beli sekilo 100 rebu.

Dulu sih klo beli kepiting di pasar Penajam. Dari Balikpapan masih nyebrang kapal laut lagi. Sekali beli bisa 3 kg an. Karena mantan mertuaku tinggal disitu. Dulu ktpku Penajam lho... hehe... Aku jadi agak mengerti milih2 kepiting kayak apa. Trus sama ngebersihinnya juga. Ngebersihin kepiting tinggal dikletek aja tuh kelaminnya trus agak dicongkel dikit pantatnya katanya itu tempat buang kotorannya kepiting.

Jika membeli kepiting untuk dimasak yang bagus itu pilih kepiting yg masih seger, masih hidup lalu dimasak. Pilih yang insangnya masih agak putih keabu2an jangan yg item. Kalo item udah pasti ya kepiting bangke yang dimakan. (Untuk yang ini mungkin agak susah ya, jadi pilihlah kepiting yg masih hidup sudah dipastikan masih seger).

Untuk kepiting co liat dibelakang badannya diberutnya ada bentuk seperti ruas garis2, jika memanjang itu co jika melebar itu ce. Jika ingin yang ada telurnya pilih kepiting ce.

Mboh kapan lagi masak kepiting. Kalo liat harganya saya mikir 5 kali untuk belinya lagi.




KEPITING SAOS PADANG

BAHAN:
1 kg kepiting bersihkan lalu rebus atau goreng. Kalo gak berani karena madih hidup. Bisa cara bunuhnya disiram air panas atau direbus bentar lalu dibersihkan. Geprek capit kepiting. (Saya lupa geprek)

1 batang bawang daun. Iris halus
3 sdm saos tomat
2 sdm saos tiram
2 gelas air
Sedikit minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
4 buah cabai
1 buah tomat
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdt merica
11/2 sdt garam

Cara buat:
Panaskan minyak goreng . Masukkan bumbu halus. Masak hingga harum.

Masukkan saos tomat, saos tiram tambahkan air aduk2. Lalu masukkan kepiting. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Jangan lupa cicipi. Terakhir masukkan bawang daun aduk2 bentar lalu matikan api.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar