Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 05 Januari 2019

Sosis Solo Isi Proteina


Sosis Solo adalah makanan khas dari Kota Solo propinsi Jawa Tengah yang terbuat dari daging sapi atau ayam digiling kemudian dibungkus dengan dadar telur. Makanan ini diadopsi dari sosis pada jaman penjajahan Belanda yang kemudian diubah dan disesuaikan dengan bumbu dan gaya lokal masyarakat Kota Solo sehingga menjadi makanan khas daerah.

Agar lebih irit, isian dari sosis solo ini, saya ganti dengan proteina. Untuk rasa sama aja dengan isian daging, sama2 enak. Tapi proteina lebih sehat gak pake kolesterol dan no lemak, terbuat dari kacang kedelai.

Proteina yg saya pake ukuran MK, bentungnya seperti ayam giling. Untuk yg berjualan jika sedang ayam mahal, daging mahal bisa mensiasatinya dengan proteina ini.


Sosis Solo Isi Proteina

Bahan Kulit:

150 gram tepung terigu
2 butir telur ayam
1 sdm margarin, cairkan
1/2 sendok teh garam
350 ml santan encer

Bahan isi:

75 gram proteina ukuran mk
2 buah bawang merah, haluskan
1 buah bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt jinten bubuk
1 buah kemiri dihaluskan
Kaldu bubuk jamur secukupnya
Secukupnya gula pasir
1 sendok makan margarin, untuk menumis 50 ml santan
garam secukupnya
1 butir telur

Penyelesaian:

1 butir telur ayam, kocok lepas
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat kulit:

Campur telur, tepung, dan garam, lalu aduk sampai rata. Masukkan santan cair sambil diaduk sampai tidak ada bagian yang menggumpal. Tuangkan mentega cair lalu aduk lagi sampai adonan licin.

Panaskan wajan anti lengket, kemudian ambil satu sendok sayur kecil adonan kulit. Buatlah dadar tipis hingga adonan habis.

Untuk membuat isian, tumis bawang merah dan bawang putih, kemiri, ketumbar, jinten yang sudah dihaluskan sampai harum, kemudian masukan telur aduk hingga telur hancur lalu masukkan proteina, Bumbui dengan merica halus, garam, kaldu jsmur bubuk, gula, dan santan lalu masak sampai matang. Cicipi.

Ambil selembar dadar, kemudian ambil satu sendok adonan isi. Gulung seperti amplop dan sisihkan.

Lakukan sampai seluruh dadar dan adonan isi sampai habis. Kocok lepas telur ayam, kemudian lumuri sosis solo dengan telur. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, kemudian goreng sosis solo yang sudah dibalut telur hingga matang.

Sajikan dengan cabai rawit.

Untuk 10 buah sosis solo





Tidak ada komentar:

Posting Komentar