Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 18 Juni 2016

Tjap Tjae


Tjap tjae....  makanan dari Yogyakarta.... yang mengena di hati.... dulu aku suka bikin ini ampir tiap hari. Karena uang jajanku pas banget... jadinya sering kelaparan.... kalo bikin camilan ya bikin tjap tjae.   Banter2 dulu aku bikin cilok.... buat ganjel2 perut.

Bikin tjap tjae.... gampang banget kayak bikin bala2 atau bikin ote2 atau bikin bakwan. Terigu aja di bumbuin trus di goreng. Bedanya kalo bakwan sayuran dicampur di terigu kalo tjaptjae sayuran di tumis sendiri diluar. Kayak cap cay lah.... tjap tjae ini emang kekian palsu juga.

Tjap tjae sering dijual bareng dengan gorengan, pecel, bihun dan mie goreng. Di gerobak kaki lima di yogyakarta. Di pasar bringharjo pun banyqk kok yg jual. Hmmmm jadi kangen sama yogyakarta. Sayang rumah yg di yogya dah hampir terjual juga....



Bahan kekian jawa:
Terigu 200 gr
Air secukupnya dikira2 aja agar bisa terigu digoreng
Garam
Merica
1 batang bawang daun iris halus

Bahan tumisan:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Garam
Merica
2 buah wortel
Kol putih (saya gak pake)


Cara buat:
Campur semua bahan kekia. Cicipi. Goreng di minyak yg panas. Jika sudah kekuningan angkat. Potong2 sesuai selera.

Cara buat tjapjae:
Tumis bawang merah dan bawang putih yg sudah diiris tipis. Hingga harum. Masukkan sayuran. Tumis hingga layu lalu masukkan kekia jawa, garam dan merica. Aduk2. Cicipi. Matikan api.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar