Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Senin, 04 Mei 2015

Bolu Kukus Merekah Gula Merah Evaporated

Saya pernah membuat kue ini namun tanpa susu Carnation Evaporated hanya air gula merah saja. rasanya kurang nendang ada yang kurang. Setelah saya buat lagi dengan menambahkan susu Carnation Evaporated, rasanya pas, cocok dilidah dan tentunya lebih enak, lebih gurih. Kue ini laris manis, setelah selesai dibuat 10 menit ludes dimakan sekeluarga.




Bahan :
200 gr gula merah
200 ml air
50 ml susu Nestle Carnation Evaporated
1 lembar Daun pandan, simpulkan
1 butir telur ayam
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
250 gr tepung terigu protein sedang
125 ml minyak goreng

Cara Buat:
  • Rebus gula merah, daun pandan dan air sampai gula menjadi larut, masukkan susu nestle Carnation evaporated. Angkat dari api dan dinginkan. Saring 
  • Alasi cetakan bolu kukus atau cupcake dengan kertas. Panaskan kukusan.
  • Dalam sebuah wadah kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan baking powder sampai mengembang dan gula menjadi larut .Gunakan speed tinggi ya.
  • Masukkan larutan gula merah, kocok rata. dengan menggunakan mixer speed tinggi . setelah tercampur , speed mixer dialihkan ke speed rendah.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit.sambil dikocok dengan menggunakan mixer speed rendah hingga rata.
  • Tuangkan minyak goreng, aduk dengan menggunakan spatula sampai rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai penuh.
  • Masukkan ke dalam kukusan yang telah beruap banyak. Beri jarak diantaranya supaya uap air bisa naik ke atas dan menyebar rata sehingga kue bisa mekar semua. Kukus selama 25 menit. Selama mengukus jangan dibuka-buka ya supaya tidak bantat dan jangan lupa tutup kukusan di lapisi serbet agar air dalam tutup kukusan tidak menetes ke dalam adonan kue.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar