Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 22 Juli 2016

Bakso bakar


Hhhhhmmm..... bakso bakar..... sudah lama pengen buat karena liat dari blog catatan nina... yg fotonya bikin ngiler klik disini.... untuk pembuatan kali ini aku gak plek sama pembuatannya dengan Bunda Nina. Untuk saos aku masak dulu bareng sama baksonya.

Menurutku bakso bakar.... uenak tenan.... kyak cilok tapi bakso.... :-) susah mengaplikasikannta dengan kata2. Cobain aja dech kalo mau tau.

Kalo sambel nya atau saos kacangnya sama kayak saos buat cilok. Cuma ini ganti bakso. Trus baksonya dibakar dech.... sebelumnya baso dimasak dulu bareng sama bumbu kacangnya. Dijamin suka dech.



BAKSO BAKAR

Bahan :

30 butir bakso, ukuran sedang

3 siung bawang putih, goreng

40 gr kacang tanah sangarai atau goreng

2 cabe merah

2 sdm saus tiram

2 sdm saus tomat / saus sambal

4-5 sdm kecap manis

1/4 sdt merica bubuk

Cara Membuat :

1. Kerat bakso, jangan sampai terputus kemudian rebus. Angkat dan tiriskan.

2. Haluskan bawang putih, kacang tanah dan cabe. Nyalakan api. Masukkan kacang halus lalu Campurkan dengan saus tiram, saus tomat / saus sambal, kecap manis dan merica bubuk. Aduk hingga rata.

3. Masukkan bakso, aduk hingga rata dan saus menjadi kental, matikan api. kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit.

4. Tusukkan bakso pada tusuk sate kemudian bakar sambil dioles-oles dengan sisa bumbu.

5. Angkat dan hidangkan hangat dengan saus sambal atau bumbu kacang



Cocok untuk camilan. Untuk makan dengan nasi juga cocok. Selamat mencoba ya.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar