Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 03 Juli 2016

Lon say (lontong sayur) waluh hijau


Saya dah lebaran dulan nih masak lontong dan kuah sayur. Agak ngidam juga sebenernya nih dari minggu lalu pengen buat lonsay.

Lonsayku agak pucet warnanya aku gak pake kuning cuma cabe merah. Cabe merahnya setelah dihaluskan aku goreng dulu. Tapi malah hak keliatan minyaknya ya. Mungkin saya kurang lama gorengnya. Btw.... lonsay ini pedes banget, padahal warnanya gak merah banget ya.

Bagi para pembaca yang mau menambahkan telur rebus, kalo gak tahu coklat bisa juga kok dan pelengkapnya dikasih kerupuk, hmmm tambah mantab dech... karena saya makan cuma sendiri males banyak2, cukup aja yang sederhana seperti ini, makan sendirianpun masih terasa nikmat :-)



Lontong sayur waluh hijau (labu siam)

1/4 kg waluh hijau belah dua gosok2 hingga keluar getahnya. Kupas lalu cuci. Iris halus korek api.

Air 4 gelas

Santan kental instan 2 bungkus yg kecil

2 lembar daun salam

2 batang serai memarkan

5 cm laos memarkan

Garam

Sebungkus kaldu sapi

Bumbu halus:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai keriting
5 buah cabai rawit
2 butir kemiri

Cara buat:
Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan,salam serai, laos. Aduk2.

Masukkan air kedalam panci. Lalu bumbu yang sudah ditumus, waluh yg sudah dipotong. Santan kental. Garam, kaldu bubuk. Diamkan hingga waluh empuk. Cicipi. Matikan api.

Sajikan dengan lontong.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar