Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 22 Agustus 2015

Sup Tom Yam Goong


Aku baru pertama kali buat Tom Yam. Penasaran buat Tom Yam karena punya temen yang suka makan Tom Yam. Pas aku coba ternyata enak, cocok dilidah aku, karena aku suka makanan yang rasanya asem dan pedes.

Tom Yam ini masakan yang berasal dari Thailand. Aku baca2 dari mbah google Tom Yam ada yang asamnya pake asam jawa, tapi yang aku buat pake jeruk nipis aja. Dan ada Tom Yam yang kuahnya pake santan, terserah aja sih mau kayak gimana yg penting rasaya asam dan pedas.


Bahan Kaldu Resep Tom Yam Goong Sederhana:
1 cm Laos Atau lengkuas, silakan dimemarkan
1 sdm garam halus
1800 kaldu udang yang dicampur dengn air
3 batang serai, silakan dimemarkan
3 cm jahe, silakan dimemarkan
3 lembar daun jeruk
4 sdm kecap ikan atau sering dinamai nampla sauce
1/2 sdt merica
5 sdm air perasan jeruk nipis

Bumbu halus:
5 buah cabe besar
2 buah kemiri
3 buah bawang putih
2 sdm minyak goreng

Bahan Isi Tomyam Goong:
150 gram jamur kancing atau bisa Pakai Jamur Lainya
400 gram udang Yang besar,  Jangan Lupa Untuk Dibersihkan
5 lembar daun ketumbar, Silakan diiris halus
10 buah cabai rawit, diiris halus.

PANDUAN MEMBUAT TOM YAM GOONG

1. Pertama Silakan Didihkan dulu kaldu airnya dengan memasukkan udang.Nah Kalau sudah Mendidih angkat udang lslu Silakan Masukkan daun serai disusul Dengan jahe, Laos / lengkuas, kecap ikan dan bumbu halus yang sudah ditumis.

2. Silakan DiRebus Sampai Kuahnya mendidih. Lalu Bisa Diangkat dan Disaring Dengan Saringan.

3. Nah Kalau Sudah Begitu ambil Air Hasil Saringan tadi lalu Dimasak Lagi Dan Ditambah Dengan udang, irisan jamur, cabai rawit dan , silakan dimasak Sampai mendidih Lagi.

4. Sebelum diangkat silakan Berilah air perasan jeruk nipis, daun ketumbar kedalam Tomyam dan Silakan Diangkat dengan Memasukanya Kedalam Mangkuk Saji

5. Kalau sudah Siap Dimangkuk Silakan Hiasi Tomyam ini Dengan daun ketumbar diatasnya, silakan hidangkan dalam keadaan Hangat.


Gimana gampang buatnyakan.... yuk buat sendiri aja, daripada harus ke Thailand atau ke restorant dirumah juga bisa buat, bumbu2nya di Indonesia banyak di jumpai kecuali daun ketumbar walau ada harganya mahal. Daun ketumbar membuat sop tom yam ini wangi, wanginya khas Dan memberi aroma tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar