Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 19 Februari 2016

Lumpia Basah


 Ini adalah salah satu jajanan favoritku dan Aqila.. . Walau ke mall tetep aja kalo ada lumpiah basah belinya ini. Cuma ya kalo lagi di Jakarta mang susah cari jajanan ini jadi bikin di rumah aja. Bikinnya juga gak susah kok..   malah kalo kata nenek aq kayak oseng toge.


Bahan yang Diperlukan :

¼ kg tauge

5 lembar kulit lumpia

2 butir telur ayam

Garam secukupnya

merica secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Bumbu-Bumbu Untuk Membuat Lumpia Basah:

1/2 buah bawang bombay iris halus

1/2 sdt jahe bubuk bisa juga jahe digeprek

2 sdm saos tiram

4 siung bawang putih iris halus

3 buah cabai rawit, haluskan

Bahan Perekan Lumpia :

1 sendok makan tepung maizena

½ ons gula merah

125 ml air mineral

Bahan Campuran Untuk Bengkuang :

½ kg gula bengkuang, iris memanjang

½ ons gula merah

100 ml air matang

Cara Memasak Lumpia Basah :

1. Pertama, kita buat terlebih dahulu kuah gula merah atau perekat kulit lumpia, caranya campur kesemua bahan untuk perekat. Larutkan gula dengan air, kemudian berikan tepung kanji dan aduk-aduk hingga mengental.
2. Setelah selesai, kemudian lanjutkan terlebih dahulu dengan membuat campuran bengkuang, caranya rebus air dengan gula merah hingga larut, saring gula merah dan masak bersama dengan bengkuang, masak hingga airnya habis dan bengkuang berubah menjadi berwarna coklat.
3. Setelah itu, baru kita akan membuat tumisan isi lumpia. Caranya, tumis terlebih dahulu bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabe rawit hingga harum dengan menggunakan minyak goreng yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
4. Masukan telur ayam dan aduk-aduk hingga merata kemudian masak hingga tauge  menjadi lebih layu, lalu madukkan rebusan bengkoanh masukan juga garam, merica, sais tiram dan pastikan bumbu sudah pas.
5. Terakhir siapkan piring, ambil selembar kulit lumpia, berikan perekat lalu dioles2 atau diratakan dikulit lumpia , masukan  tumisan  yang sudah dibuat, kemudian dilipat dan digulung.
6. Sajikan selagi hangat.

untuk 5 porsi



Penampakan Adonan Perekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar