Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 07 Februari 2016

Waffle


Minggu kemarin saya buat waffle.... eh taunya gagal.... gak ngembang dan lengket. Sekarang aku coba dengan membuat waffle dengan menggunaksn buttermilk. Alhamdullilah berhasil rasanya juga pas.



Bahan:
1. 2 butir telur, pisahkan yang kuning dan putihnya
2. 500 ml buttermilk (500 ml susu campur dengan 2 sdm cuka, aduk, biarkan 10 menit)
3. 75 ml minyak goreng
4. 215 gram tepung terigu
5. 70 gram maizena
6. 1 sdm baking powder
7. ½ sdt garam
8. 3 sdm gula
Cara membuat:
1. campur bahan bahan kering di satu wadah, tepung terigu,maizena,baking powder,garam.
2. aduk kuning telur dan buttermilk.Cukup pake whisker aja dan sampai keaduk dengan rata, tuangkan ke bahan bahan kering sambil diaduk sampai rata , masukkan minyak goreng aduk rata dan simpan.
3. kocok putih telur! Sampai setengah kaku lalu masukkan 3 sdm gula pasir ke kocokan putih telur, kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai adonan putih telur kaku, dan ga jatuh pas dibalik .
4. Masukkan kocokan putih telur perlahan perlahan, dan diaduk pake whisker sampai keaduk rata aja.Jangan sampai overmix, jadi tiap masukkin putih telur aduk aduk dikit, jangan heboh ngaduknya yaa ntr kempes. Diamkan 20 menit.
5. Panaskan cetakan waffle dengan api yang kecil persisinya 5 menit sambil di oles margarine. Masukkan adonan waffle. Tunggu 3 menit lalu balik. Diamkan 3 menit. Coba buka cetakan waffle lihat apakah sudah matang sempurna... jika masih putih, bolak balik terus sampai warna kuning keemasan.
6. Angkat.... sajikan dengan berbagai macam selai sesuai selera.


Untuk 4 loyang waffle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar