Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 20 Agustus 2016

Klepon Pandan


Saya lagi doyan bikin kue tradisional nih. Kebetulan kue ini kesukaan alm papanya aqila. Dulu di balikpapan saya sering banget buat klepon... secara waktu dulu saya masih belom punya alat2 baking. Kalo inget di balikpapan.... bikin kue klepon gini... saya harus numbuk sendiri pandannya. Maklum masih susah dulu. Saat baru menikah.... saya mang dari nol banget.... piring aja harus ngumpulin dari hadiah sabun cuci. Tapi menurutku enakkan menikah itu dari nol banget.... biar sama2 ngerasain susah.... dan akhirnya menjadi sama2 membuhkan. Itu yang membuat tali pernikahan awet. Kalo dimulai dari sudah ada ntar malah ini punya saya.... itu punya kamu. Karena hartanya gak diperjuangkan bedua. Itu mungkin yg menjadi saya belum menikah lagi sampai saat ini.





Bahan :

450 gr tepung ketan putih

50 gr tepung beras

1/2 sendok teh garam halus

gula merah secukupnya ( disisir halus )

air panas secukupnya

1 lembar daun pandan

kelapa parut yang tidak terlalu tua secukupnya untuk taburan

pasta pandan secukupnya

Cara Membuat Kue Klepon :

Campurkan tepung ketan dan tepung beras dalam satu wadah, aduk rata

Masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung, aduk rata

Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas

Bentuk bulat-bulat adonan yang sudah diuleni sampai kalis dan beri isi gula merah pada bagian tengahnya ( lakukan sampai adonan pas )

Rebus adonan yang sudah dibentuk bulat dalam air yang mendidih sampai benar-benar matang

Sambil menunggu adonan matang, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam lalu dikukus sebentar

Angkat adonan lalu tiriskan kemudian gulingkan dengan kelapa parut yang sudah dikukus hingga merata

Kue klepon gula merah siap untuk dinikmati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar