Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 13 Agustus 2016

Tumpeng Ibu



Tumpeng ibu.... kenapa dinamai tumpeng ibu...... karena ini adalah tumpeng resepnya ku dapat dari nenek yg kupanggil ibu. Gak kerasa dah ampir 40 hari neninggalnya ibu.... masih teringat tangisan diva, tante dan om aq saat pemakaman. Karena merekalah yg sehari2 bersamanya.

40 hari percis sebelum ibu meninggal tepatnya 3 juni saat ultah aqila..... beliau memaksa untuk bikin tumpeng. Gpp kalo gak di rayain bikin tumpeng aja buat dimakan sekeluarga. Ketika beliau masak tumpeng.... beliaupun berkata.... "liat cara bikinnya hafalin bumbunya sapa tau besok ibu dah gak ada, jade resep tumpeng ini ada yang bisa buat dan gak mengandalkan ibu lagi"...... eh ternyata.... ibu meninggalkan kita semua.

Sebenernya ibu gak pandai hanya membuat tumpeng aja dia juga pinter banget buat dalca makanannya orang pakistan.... kata ua, om maupun my mom.... bilangnya dalca itu enak... tapi karena aq gak suka ya gak suka..... dalca itu kacang ijo yg dibuat kari  (kakek emang orang sana) pake roti jala atau roti biasa atau juga roti canai. Makanya klo resep leluhur yg satu ini aku gak pernah buat.




Nasi tumpeng

Bahan:

500 gr beras cuci bersih
Santan kelapa kental 1/4 liter

Bumbu halus:
5 siuang bawang merah
3 siung bawang putih
2 ruas jari kunyit
1 sdm ketumbar
1/2 sdt jinten
3 butir kemiri

Bumbu lain:
2 batang serai
1 ruas laos geprek
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
Sedikit minyak goreng
Garam secukuonya
Perasan jeruk nipis secukuonya

Cara buat:
Panaskan minyak goreng
Masukkan bumbu halus, masukkan bumbu lainnya. Aduk2 hingga harum. Masukkan beras dan santan. Jika dirasa santan tidak cukup bisa ditambah air. Cicipi. Matikan api.

Masukkan ke dalam majic com.

(Ini cara kilat saya.... kalo cara ibu beras 1/2 dicampur bumbu 1/2 lg dibuat nasi aron, baru keduanya dicampur rata lalu ditanak sampai jadi nasi dan kalo ibu ayam, telor rebus dia masak bareng2 sama beras)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar