Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 20 Januari 2018

Sagon Bubuk


Kangen bener aku dengan makanan ini.... makanan jadul zaman aku kecil masih sd. Dulu suka beli di warung dibungkus tabung panjang kecil pake kertas. Kayaknya sekarang dah gak ada yg jual lagi dech. Kadang juga ibuku suka bikin kalo mo deket2 lebaran. Trus kalo makan sagon sambil ngobrol suka nyembur2. Hehe...

Bikin sagon sederhana banget cuma pake 4 bahan aja yaitu tepung beras, kelapa parut, garam dan gula kalo ada pandan lebih baik. Ada beberapa orang yg buat sagon dengan memblender kelapa kering dan memblender gula pasir ada juga yg mentangrai sendiri2 tepung beras dan kekapa parut baru dicampur jadi 1. Kalo saya sih campur jadi satu smua kecuali gula pasir.

Niat bikin ini sekain nostalgia zaman waktu kecil, mau memperkenalkan juga pada anak2 zaman now, biar tau kalo zaman dulu ada makanan yg namanya sagon dan rasanya gak ada yg bisa gantiin.  Dan tentunya rasanya gak kalah dengan makanan anak2 zaman now.



SAGON BUBUK

Bahan-bahan:

100 gram Tepung Beras
100 gram Kelapa parut
75 gram  Gula pasir
1 sendok teh Garam

Cara Membuat:

Sangrai kelapa parut dan tepung beras dan garam hingga kering dengan api kecil sambil diaduk2. Matikan api dan dinginkan.

Jika sudah dingin masukkan gula pasir, aduk2.

Cara penyajiannya bisa dimasukkan ke dalam bungkusan kertas ataupun masukkan ke dalam toples, dan kalau mau dimakan, tinggal tuangkan ke piring kecil lalu dimakan menggunakan sendok kecil.




Tentang foto...... niat hati pengen ngikutin gaya stylingnya mbak Riana Ambarsari. Di blognya ada tuh resep mengenai sagon sembur yg fotonya cakep bener. Pengen banget ngikutin. Eh pas ngeset tata letak toples, cetakan silikon, talenan hasilnya kok beda jsuh banget sama yg mau dicontek. Ya sudahlah ngikutin gaya saya aja.

Aku tuh kalo ngikutin gaya seseorang, gak bisa, jadi gak gereget gitu. Aku lebih seneng ngatur style sendiri, karena kalo ngeliat foto orang lain tuh yg pertama ngeliat propsnya jadi pengen beli, mungkin juga gaya cara mengambil gambar juga beda, kameranya juga beda, jadi hasilnya kurang gereget dari contoh fotonya.

Hasil recook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar