Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 28 Januari 2018

BAGELEN





Beli roti tawar tapi roti tawarnya kurang enak, kurang soft, menurut saya lho. Ya sudah lah dibikin bagelen aja. Kebetulan aqila doyan banget sama bagelen.

Biasanya bagelen menggunakan roti model seperti burger tapi mini. Karena adanya roti tawar gak apa2 lah dibuat bagelen.


Baru tau saya ternyata Bagelen itu nama sebuah daerah (kayaknya udah tdk pas disebut desa) yang sudah tercatat dalam sejarah kerajaan Mataram kuno. Letaknya berada dalam lingkaran Purworejo, Jawa Tengah. Aku kira bagelen bener2 nama makanan, atau diambil dari bahasa belanda untuk makanan ini, ternyata bagelen adalah nama kota di indonesia. Walaupun begitu roti bagelen pertama kali muncul ya disini di kota bagelen ini.

Yuk ah disimak aja resep untuk butter icing nya. Aku buat 1/2 resep untuk 16 lembar roti tawar. kalo buat 1 resep, buanyak banget. hehe.



BUTTER ICING


Bahan (sy buat 1/2 resep) :

50 ml susu kental manis (25 ml susu carnation)

125 gr gula halus (75 gr), saya pake gula pasir

250 gr margarine (125 gr blue band)

250 gr butter unsalted (125 gr orchid butter)


Cara pembuatan :

Kocok semua bahan menjadi satu hingga tercampur rata.

Penyelesaian :

1. Roti tawar dibagi empat lalu diangin2kan/dibiarkan beberapa waktu disuhu ruang supaya kering dan mengeras

2. Roti tawar diolesi butter icing hingga permukaan tertutup rata. Dapat ditambahkan topping gula pasir, keju, susu coklat dsb sesuai selera.

3. Panggang roti dengan api kecil selama kurang lebih 40 menit sampai kering sempurna. angkat. biarkan dingin dan disimpan di dalam wadah tertutup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar