Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 10 November 2018

AFFOGATO




Afogato adalah perpaduan ice cream dan kopi. Cara penyajiannya beberapa scope ice cream disiram dengan kopi.

Affogato merupakan menu tradisional Italia berbahan dasar espresso yang dicampurkan dengan es krim atau gelato vanila. Di negri asalnya, affogato termasuk menu kopi yang banyak dinikmati dan digemari oleh orang-orang di kafe atau coffee bar di samping cappuccino dan mochaccino. Perpaduan antara dingin dan manisnya es krim/gelato vanila dengan panas dan rasa bittersweet-nya espresso, bikin meleleh di mulut, TOP Lovers!.

Nama asli affogato sendiri sebenarnya adalah affogato al cafe atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama drowed in coffee yang memiliki arti “tenggalam”. Ini mengacu kepada es krim/gelato vanila yang seperti tenggelam dalam espresso panas yang dituangkan di atasnya. Cara mengajikan affogato, aslinya, memang dengan menaruh es krim/gelato vanila terlebih dahulu di dalam cangkir atau gelas baru setelah itu menuangkan espresso di atasnya.

Resep awal affogato hanya terdiri dari es krim/gelato vanila dengan espresso. Tapi sekarang ini banyak affogato dibuat tidak hanya menggunakan espresso, tapi juga cukup dengan menggunakan kopi tubruk atau kopi seduh hitam biasa. Es krim yang digunakan pun bisa berbagai rasa, seperti coklat, moka, kopi, atau stoberi. Juga perbedaan perbandingan takaran antara es krim/gelato dengan espresso dari resep aslinya. Banyak juga menu kopi lainnya yang menirukan “affogato-style” dalam penyajiannya, dalam artian style di sini adalah menuangkan espresso di atas suatu bahan atau jenis makanan tertentu.




AFOGATTO

Bahan:
3 scoop Ice cream vanila
50 ml espresso atau kopi seduh

Cara buat:
Taro ice cream dia atas gelas saji. Lalu siram dengan espresso. Sajikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar