Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 09 Desember 2017

Infused Water Timun


Infused water atau sering juga disebut dengan air detoks, air rasa buah atau air resapan buah merupakan kombinasi antara air putih dengan buah, sayuran atau rempah yang direndam dalam air. Air putih yang digunakan untuk merendam ini nantinya akan menghasilkan rasa sesuai dengan buah, sayuran atau rempah yang di rendam dalam air tersebut. Infused water yang tidak mengandung kalori ini sangat ampuh dijadikan asupan untuk menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh lebih baik. Untuk membuat infused water, pilihlah jenis buah, sayuran dan juga rempah yang berkualitas baik. Infused water ini juga sangat praktis dibawa bepergian dengan cara membuatnya dalam botol minum dan bisa dinikmati kapanpun anda mau.


Infused water terutama infused water timun banyak manfaatnya yaitu:


Untuk menguatkan tulang dan otot

Kandungan yang terdapat pada mentimun dan air rendamannya dapat memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang Anda sehat. Hal ini karena mentimun kaya akan silika yang penting untuk pengembangan jaringan ikat, sehingga tulang dan otot Anda akan selalu tetap kuat.

Untuk meningkatkan imunitas

Vitamin yang terkandung dalam mentimun dan air mentimun antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Zat-zat ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan dan menjaga kebugaran.

Untuk membersihkan tubuh

Infused water mentimun atau air rendaman mentimun memiliki efek detoksifikasi karena terbukti membantu pengeluaran racun yang terakumulasi dalam tubuh Anda. Termasuk juga mengeluarkan semua metabolit dan membersihkan hati sehingga membantu organ tubuh Anda untuk bekerja lebih efektif.

Untuk Mengurangi Kolesterol Jahat

Kandungan sterol yang terdapat dalam air rendaman mentimun bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, juga mengurangi kekakuan pembuluh darah agar aliran darah di tubuh Anda menjadi lebih lancar, sehingga dapat mengurangi, bahkan mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Untuk melawan kanker

Mentimun dan air rendaman mentimun memiliki kadar antioksidan yang tinggi, seperti pinoresinol dan sebagainya yang dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghapus radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan menimbulkan kanker.

Untuk membuat ginjal sehat

Dengan rutin mengkonsumsi mentimun, bahkan tanpa dijadikan infused water, terbukti mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh yang bertanggung jawab menyebabkan penyakit asam urat. Selain itu, air rendaman mentimun mampu menghilangkan kreatinin, dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di dalam ginjal.

Untuk menghilangkan bau mulut

Mentimun mempunyai phytochemcials yang bisa membunuh bakteri yang berkembang di dalam mulut Anda. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi mentimun, dapat menjaga kesehatan mulut Anda agar tetap segar sepanjang hari.

Untuk melindungi otak

Kandungan substansi anti-inflamasi, fisetin yang terdapat pada mentimun berperan meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan yang terjadi pada otak. Infused water mentimun atau air rendaman mentimun juga dapat mencegah kerusakan otak dengan memperbaiki dan melancarkan aliran darah ke otak.

Untuk kulit dan rambut

Kandungan antioksidan dalam mentimun yang tercuci dalam air mampu menjaga kulit tubuh tidak kering, tetap segar dan cerah. Kandungan silikon dan sulfur dalam mentimun juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut.


INFUSED WATER TIMUN

Bahan:

500 ml air matang
1 buah timun iris tipis sebelumnya cuci yg bersih dulu.

Cara buat:
Masukkan air kedalam mug atau wadah lain. Masukjan potongan timun. Madukkan kedalam lemari es semalaman.

Paginya siap untuk diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar