Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 09 April 2016

Rainbow Ogura Cake







Memenuhi tantangan dari group fb YKMK membuat ciffon cake atau ogura cake yang bermotif. Saya coba ogura saja karena lagi ngetrend dan saya belum pernah buat (walau ini yg ke2 yg 1 gatot alias gagal total). Ciffon cake juga belum pernah buat sih. Hehe..... ogura cake yang sata buat pertama gagal.... masih basah.... karena adonan kuning telurnya belum terlalu tercampur dengan putih telurnya.... ntahlah apa salah mengaduk apa telurnya yang jelek atau emang ngovennya yang belum matang (karena ngoven kue ini super lama, terlihat dari luar atasnya dah kuning dan ditusuk dengan tusukan sate terlihat sudah matang tapi belum tentu juga dah matang kadang bawahnya masih basah). Alhamdullilah yang ke dua jadi.

Jika ingin membuat ogura yang teksturnya rapat gak berpori (kalo saya berpori), yang pernah saya baca menggunakan tepung terigu berprotein rendah.


Ogura cake secara bahan dan cara buat mirip dengan chiffon cake yaitu dengan memisahkan putih telur dikocok terpisah lalu dimasukkan ke adonan kuning telur. Namun perbedaannya adalah dalam proses pemanggangan. Ogura cake dengan cara au ban marie sedangkan ciffon cake dipanggang biasa.

Ogura adalah cake asli Malaysia tepatnya di Batupahat,sangat dicintai dan punya penggemar sendiri. Tastenya MILD,kempus2,ringan,Low fat,Low Calorie,kayak makan bantal kapas:)

Asal usul ogura cake ada kisah sedih dibaliknya. Menurut penuturan dan cerita nenek moyang Kue ini sengaja dibuat oleh seorang wanita di Batu Pahat untuk mengobati kerinduan terhadap suaminya yang berasal dari Jepang dan bernama Ogura. Wanita itu terus membuat kue dengan telaten walau tak kunjung memperoleh kabar mengenai kondisi sang pujaan hati. Belakangan baru diketahui bahwa suaminya telah tiada alias meninggal dunia (begitulah cinta penderitaannya tiada pernah berakhir). Pantes ya ogura cake lembut sesuai dengan kelembutan hati si penciptanya.






Rainbow Ogura Cake
Bahan:
5 Kuning telur
1 butir telur utuh
60 ml minyak sayur
80 ml susu cair atau santan (saya santan)
80 gr gula castor
80 gr Tepung serba guna
10 gr maizena
1/2 sendok teh vanilla bubuk
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh Pasta coklat
1/2 sendok teh Pasta strawberry
1/2 sendok teh pasta pandan

Adonan putih telur:
5 Putih telur
50 gr gula caster
1 sendok teh air jeruk nipis

Cara Membuat :
Panaskan oven dengan suhu 160 derajat selsius.
Kocok dengan hand whisk kuning telur,gula castor sampai gula larut. Lalu masukkan minyak sayur dan santan. Aduk rata.
Masukkan tepung terigu,maizena,vanilla bubuk,dan garam yang sebelumnya sudah diayak.
Campur semua bahan sampai adonan halus dan licin.

Kocok putih telur dengan mixer kecepatan sedang sampai berbusa,masukkan air jeruk nipis,kocok dengan kecepan tinggi. Masukkan gula castor sedikit demi sedikit,kocok sampai adonan menjadi soft peak dan putih mengkilat.

Masukkan adonan putih telur ke adonan kuning telur Aduk lipat masing. Dengan cara ambil 1/3 bagian adonan putih telur sampai tercampur. Lalu masukkan sisanya.

Bagi adonan menjadi 4 bagian, 1 polos, 2. Beri pasta coklat, 3. Pasta strawberry, 4. Pasta pandan. Aduk hingga tercsmpur rata.


Siapkan loyang kotak ukuran 18 cm,yang sudah dioles mentega dan dilapisi baking paper.

Masukkan secara bergantian dari adonan 1-4. Hingga adonan abis. Ketuk Ketuk beberapa kali diatas meja untuk melepaskan udara yang terperangkap didalam adonan.

Siapkan loyang yang lebih besar dari loyang cake. Isi dengan air panas. Taruh loyang cake dalam loyang yang berisi air panas.
Masukkan kedalam oven,panggang selama 90 menit. Tergantung ovennya juga bisa lebih, tunggu sampai mateng banget biar gak kempes.







1 komentar:

  1. Kok aku madak ogura kayak bolu kukus gt,apa krna mnggang ny gk lama

    BalasHapus