Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 17 April 2016

Tteokkbokki (kue beras pedas asal korea)



Minggu kemarin saya buat sageumchi namul. Hari ini saya memperkenalkan Tteokkbokki kue beras pedas asal korea. Cara buatnya juga gampang kok... gak usah jauh2 ke korea untuk makan ini.

Yang spesial dari Tteokkbokki ini adalah sausnya atau suka disebut gochujang. Rasa pedas dari Tteokkbokki ini dijamin membuat ketagihan. Kekentalan yang dihasilkan dari tepung beras mampu membuat lidah kita mendapatkan sensasi plus dengan saus yang menggiurkan. Belum lagi ditambah taburan bawang daun dan biji wijen yang menambah cantik tteokkokki ini.

Tteokkbokki sendiri merupakan camilan unggulan selain kimchi. Bisa disajikan sebagai sekedar teman ngobrol . Karena makanan ini dibuat dari tepung beras tentunya mampu menjadi makanan penunda lapar karena kandungan karbohidratnya.


Tteok yang baru di kukus


Resep Tteokkbokki ( Kue Beras Pedas Korea)

Bahan2 membuat Tteok

250 gr tepung beras biasa ya bukan tepung beras ketan

Air 1 gelas ( secukupnya)

3 sendok minyak wijen

Cara Membuat Tteok :

campurkan tepung beras dan air ke dalam panci / wajan. Panaskan di kompor sambil diaduk2 sampe nantinya mengental dan bisa dibikin adonan. Setelah mengental matikan kompor dan biarkan agak dingin Lalu masukkan minyak wijen ke dalam adonan itu dan diuleni. Setelah itu bentuk bulat2 memanjang. klo masih kliatan kurang licin tinggal oleskan aja minyak wijen lagi sambil terus dibikin bulat2 memanjang. Setelah itu kukuslah tteok yang sudah kita buat tadi. Ini dia penampakan tteok yg sudah dikukus

Bahan2 memasak tteokbokki

tteokk yang sudah dipotong2 sekitar 2 cm - an

3 siung bawang putih

3 siung bawang merah

10 cabe merah

5 cabe rawit ( sesuai kepedasan yg diinginkan)

bawang daun diiris tipis2 

Saos sambal secukupnya

gula pasir

minyak goreng untuk menumis

air

minyak ikan

biji wijen sangrai

tomat

Cara memasak

Bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah, cabe rawit dihaluskan lalu tumis. setelah bumbu harum masukkan tteokk yang sudah dipotong2 tadi. Lalu tambahkan air, minyak ikan, gula pasir dan saos sambal. Kalo kurang asin bisa ditambah garam. Intinya diicip2 saja sampai rasanya pas. biarkan sampe air menyusut dan bumbu diserap tteokknya. sebelum diangkat taburkan daun bawangnya. Taro di piring dan taburi biji wijen.



Abis dech... dan saya kepedesan.. air mana air....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar