Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 10 April 2016

Kue Lumpang



Kue lumpang termasuk kue khasnya Orang Palembang. Kue ini sudah populer dimana2, sehingga dimanapun kita dapat menjumpai kue ini. Buat sendiri juga gampang, bahannya sangat ringkes gak pake ribet.

Tekstur kue ini lembut sehingga sangat cocok dengan lidah kita. Kue lumpang termasuk dalam golongan kue basah jajanan pasar yang biasanya dinikmati dengan kopi untuk sarapan dipagi hari. Kue lumpang lembut ini dapat menggoyang lidah  ketika menikmatinya. Untuk membuat kue lumpang ini memang sangat mudah namun harus benar-benar teliti dalam proses pembuatannya supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang sudah dikukus dengan campuran garam halus supaya lebih gurih lagi.






KUE LUMPANG


bahan:
100 gr tepung sagu
25 gr tepung beras
100 gr gula pasir
150 ml santan
1 sdt kapur sirih
50 ml daun suji ( dari 50 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan)

Taburan:
1/2 butir kelapa muda parut kasar
1 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

Cara buat:
Campur tepung sagu, tepung beras gula pasir dan air daun suji aduk rata

Tuang air kapur sirih dan santan sambil terus diuleni

Tuang adonan ke dalam cetakan mangkuk kecil yang telah dioles minyak kukus selama 45 menit hingga matang dan timbul cekungan dibagian tengah kue. Angkat dan dinginkan baru keluarkan dari cetakan.

Sajikan dengan kekapa parut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar