Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 27 Mei 2017

Sagu Keju





Tergoda banget liat instagramnya Tintin Rayner, itu kue2 nya membuatku jatuh cinta semua, cakep2 penampakannya, sesuai dengan orangnya. Tergoda pengen nyoba buat. Dan akhirnya aku comot salah satu resep dari  Tintin Rayner yaitu Sagu Keju.

Kalo penampakan dari beliau cakep banget dech sagu kejunya, aku agak beleber ya atau gak sih... hehe agak gak pede saya.

Oh ya resep asli pakenya keju parut biasa. Saya pake edam, lagi kebanyakan duit saiya hehe.... tumben ya.... biasanyanya serba diirit. Trus sepertinya lebaran tahun ini saya banyak menggunakan keju nih... kukernya serba keju. Tumben bener2 tumben....

Pas dipanggang wanginya Masya Allah. Dicicipin waktu buka puasa.. hmmm enak...lumer dan krenyes saat digigit. Tapi sayangnya 1 resep cuma dapet 1 toples aja, kurang banyak :-(.

Oh ya mau cerita dikit tentang sagu keju, beberapa tahun yang lalu 5 tahun yang lalu mungkin ya... waktu aku baru pindah dari Balikpapan, pas ruma di Serpong selesai dibangun, saya kan nyicil beli oven dll, karena di balikpapan dulu suer dech Oven aja gak bisa kebeli, kalo bikin kue selalu dikukus, sedih dech kalo inget masa lalu. Nah karena saat itu lagi seneng ngumpulin alat2 baking, saya coba tuh bikin sagu keju, tapi sagu kejunya beberapa kali saya  buat, gak cuma sekali ya gak bisa crunchy, pernah crunchy eh bleber gak berbentuk sama sekali. makanya saya jarang banget upload kue yang berbentuk semprit.

Tips bikin sagu keju, kocok gula dan menteganya jangan terlalu lama, itu yang menyebabkan bleber. trus kasih santannya juga jangan kebablasan. untuk resep ini 30 ml pas banget. kalo saya masukin santal kentalnya setelah tepung masuk dan diaduk baru saya kasih santan kental. Karena menjaga takut kalo adonan sudah cukup kalis untuk dibentuk. Itu juga saya kasih santannya dikit2, 1 sdm dulu kalo dirasa ditangan sudah bisa dibentuk gak usah tambah lagi santan kental.





SAGU KEJU
Resep by: Tintin Rayner

Bahan:
200 gr tepung sagu
70 gr gula halus.
75 gr keju parut
1 butir kuning telur
30 gr margarine
70 gr salted butter
30 ml santan kental

Taburan:
Keju parut.

Cara buat:
Sangrai tepung sagu sampai terasa kering, ringan angkat. Tunggu sampai uap hilang sisihkan.

Mixer margarine butter, gula sekitar 2 menit. Masukan kuning telur. Mixer hingga rata lalu masukkan santan. Mixer lagi hingga rata. Matikan mixer

Terakhir masukkan keju parut dan tepung sagu yang sudah diayak. Aduk dengan spatula hingga rata.

Masukkan adonan dalam plastik  seģitiga lalu semprotkan duatas loyang. Yg sudah dioles margarine. Taburi dengan toping.

Panggamg dalam suhu 150 derajat selama 30 menit atau sampai keemasan renyah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar