Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 20 Maret 2016

Kue Lumpur


Awalnya saya bukan penyuka kue2 jadul. Tapi setelah saya sering mengumpulkan buku2 masakan atau buku2 resep jadi penasaran pengen buat kue2 tradisional.

Kue Lumpur gak ngerti juga kenapa dinamakan kue lumpur padahal bentuknya sama sekali gak menyerupai lumpur. Kue ini kesukaan ibuku... dia yang ngompor2in aku buat bikin, katanya enak banget. Dan akhirnya aku bikin dech.

Kue Lumpur dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu dan telur sering kali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris diatas permukaannya. Kue ini tergolong kue basah jadi gak bisa disimpan lama.

Saya kali ini membuat kue lumpur dengan menggunakan resep dari buku 241 resep makanan favorit anti gagal dari NCC. Ini saya bikinnya maksa banget gak punya cetakan kue lumpur,punyanya cetakan serabi... akhirnya ya... sudahlah pake cetakan serabi.... jadi kue lumpur ini agak tipis dan jadinya buanyak banget kayak buat jualan aja. Tekstur kue lumpur empuk, enak, manis dan gurih, pantes ya ibuku suka.





Bahan:
500 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
1 kg kentang kukus dan haluskan ( saya direbus )
200 gr margarine leleh
5 kuning telur
4 putih telur
1 liter santan
1 sdt vanili bubuk
1 sdt garam
200 gr kismis untuk taburan

Cara buat:
Kocok gula dan telur hingga putih dan mengembang ( tidak perlu sampai kental ) masukkan garam dan vanili sambil terus dikocok.

Tuangi santan aduk rata. Masukkan kentang halus dan tepung terigu secara  bertahap sambil tetap diaduk rata.

Terakhir tuang margarin leleh aduk rata.

Panaskan cetakan kue lumpur olesi margarine atau minyak. Tuang adonan 3/4 penuh . Tutup. Masak hingga setengah matang taburi kismis tutup lagi biarkan hingga matang angkat. Variasi taburan lain bisa menggunaksn parutan keju, irisan nangka, coklat, meisis dll.

Hidangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar