Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Selasa, 08 Maret 2016

Apple mini Pie




Resep by: NCC (buku 241 Resep Favorit Anti Gagal)

Kulit:
275 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt garam
175 gr margarin
75 ml air es

Isi:
500 gr apel malang
50 gr gula palm
2 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt garam
3 sdm air jeruk lemon
2 sdm mentega

Olesan:
1 kuning telur kocok lepas.

Cara buat kulit:
Campur menjadi satu semua bahan, kecuali air es, aduk dengan pisau pastry... atau menggunakan jari2 hingga menjadi adonan berbutir2. Tuang air es sedikit2 aduk perlahan. Diamkan 15 menit di lemari es.

Cara buat isi:
Kupas apel, potong dadu, sisihkan

Panaskan mentega, tumis apel hingga layu. Tuang gula pasir dan gula palm aduk rata sambil terus ditumis tambahkan garam, air jeruk lemon dan kayu manis bubuk aduk rata angkat.

Cara buat apple pie:

Bulatkan adonan lalu taruh di loyang pie mini, ratakan atau rapikan. Tusuk2 permukaannya (agar ketika dipanggang tidak menggelembung)

Masukkan adonan isi, beri lembaran2 kulit pie yang sudah dipipikan lalu dipotong memanjang dengan lebar 3mm atau sesuai selera.

Panggang selama 60 menit dengan api kecil. Angkat. Dinginkan, keluarkan dari cetakan. Hidangkan.


Hari ini ada Gerhana Matahari ya.... setelah sholat gerhana saya eksekusi kue pie ini, buatnya lumayan buru2... karena bentar lagi Neng Jenong mau dateng ke Serpong. Walaupun sebenernya capek juga mamanya buat2 kue... tapi Neng Jenong itu hobi banget makan, nyemil.... kalo dibawa ke Ayam Pocotan (maksudnya ayam2 goreng cepat saji di mall2 itu) dia makan gak cukup seporsi udah beli paket ayam nambah lagi spagethi kalo gak burger. Gimana emaknya gak bangkrut ya.... Makanya tuh badannya bongsor banget, u,ur 5 tahun berat Badannya dah 30 kg, emaknya dah gak bisa gendong2 dah berat banget. Walau begitu Alhamdullilah di umur 5 tahun dia dah pinter bacanya, disekolah dia dah dikasih bacaan buku cerita, temen2 yang lain masih buku yang model2 calistung dan bacaan iqronya dia dah iqro 4. Kalo mau tidurpun dia harus didengerin murotal di hp baru dia bisa tidur. Gak sia2 mama nya memberi nama Aqila yang artinya anak yang pintar :-)





Resep Apple Mini Pie ini saya dapatkan dari reseonya NCC (bu Fatmah Bahalwan). Namun nama aslinya Tarlet Apple.... Tapi Jika tarlet Apple aslinya adonan Apple gak dipangganggang hanya di taro aja dimangkuk pie yang sudah siap dipakai atau sudah matang. Karena takut berhamburan jika menggunakan metode seperti itu saya modif, adonan apple saya ikut dioven bareng sama kulitnya dan agar gak berhamburan saya pagari atasnya dengan kulit pie.

Walau kulit pie tidak menggunakan telur pada adonannya tapi teksturnya renyah kok... menurut saya resep kulit ini ekonomis sekali daripada resep kulit pie yang lain, makanya saya senang sekali menggunakan resep kulit pie dari NCC.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar