Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 12 Maret 2016

Bolu kukus Karamel atau sakura


Bikin bolu sakura atau karamel. Orang2 ada yang bilang bolu sakura karena di cetak dengan menggunakan cetakan bunga sakura ada juga yang bilang ini bolu karamel karena dibuat atau salah satu bahannya menggunakan gula karamel.

Kue ini empuk dan wangi.... anakku sampe gak berenti ambil kue ini. Saya baru pertama kali buat, awalnya agak kaget juga adonannya kok encer banget takut bantat.... eh pas dikukus malah ngembang banget. Dan ketika dingin kuenya gak kempes.

Resep saya dapet dari buku 400 kuenya Yasa Boga...





bahan:
200 gr gula pasir
200 ml air panas
2 butir telur
200 gr terigu
1 1/2 sdt bumbu spekoek
1 1/2 sdt baking powder
1 1/2 sdt soda kue
1 sdm margarine dicairkan

Cara buat:
Panaskan 100 gr gula pasir dengan api kecil hingga menjadi karamel. Siram dengan air panas aduk2 hingga karamel larut. Matikan api. Dinginkan.

Kocok sisa gula pasir bersama telur hingga mengembang warna berybah menjadi putih. Matikan mixer Masukkan tepung terigu, bumbu spekoek, soda kue, baking powder, aduk hingga rata. Masukkan margarine cair, aduk hingga rata. Terakhir madukkan cairan karamel. Aduk rata.

Siapkan cetakan olesi dengan margarine atau minyak. Tuang adonan hingga 3/4 penuh. Kukus kurang lebih 15 menit atau hingga matang.

Angkat dan keluarkan dari cetakaN. Sajikan.

Nb: kukusan harus sudah panas atau uap banyak ketika memasukkan kue yang akan dikukus.



untuk 20 kue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar