Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Minggu, 27 Maret 2016

Steak Tempe





Karena banyak tempe dirumah, nyoba buat steak aja... karena bosen juga digoreng2 mulu.

Steak tempe yang ku buat sangat dominan rasa tempenya.... kalo mau mirip steak daging, banyakin aja ayam gilingnya atau daging gilingnya.

Untuk saus, saya pake yang semi instan produk "Knoor Demi Glace Sauce" (maaf bukannya promo tapi biar ringkes), tinggal tambah air dan bumbu lainnya seperti bayleaf, merica hitam.



Bahan-bahan Steak Tempe:

250 gram tempe

50 gram daging ayam cincang

1 siung bawang bombay

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt garam

1 sdt merica bubuk

3 sdm tepung roti

Minyak goreng secukupnya

Bahan pelapis steak tempe :


2 butir telur ayam, kocok lepas

Tepung roti secukupnya


Saus Steak:
Saya menggunakan saus lada hitam. Dibuat dari tepung knoor Demi Glace Sauce.

Cara membuat steak tempe adalah :


 Pertama-tama, ambil tempe lalu kukus sekitar 15 menit. Setelah itu angkat dan masukkan kedalam wadah lalu hancurkan tempe hingga halus. Kemudian masukkan semua bahan steak yang telah dipersiapkan ( kecuali minyak goreng ) dan campurkan hingga merata.

Tahap berikutnya, ambil tempe kemudian bentuk bulat pipih ( sesuai selera anda ). Celupkan ke dalam kocokan telur lalu guling-gulingkan diatas tepung roti. Lakukan beberapa kali ( minimal 2 x ) agar lapisan steak tempe nya menjadi lebih tebal lalu goreng ke dalam minyak panas hingga matang.


Cara Penyajian :

Letakkan steak tempe dalam piring saji, lalu tuang saus diatasnya. Jika anda ingin membuat tampilan lebih menarik anda bisa menambahkan sayuran disampingnya seperti wortel, kentang dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar